Kepala Puskesmas Sebut Penanganan Rabies Bertahap

Suara Tebo
Kepala Puskesmas Sebut Penanganan Rabies Bertahap

Suaratebo.net. Muara Tebo - Terkait lambannya penanganan di Puskesmas pada korban gigitan anjing Rabies tersebut, Kepala Puskesmas Tebo Tengah, dr. Syari Aldi Saragih, mengatakan bahwa korban akibat di gigit anjing tersebut sudah kita tangani dengan cara memberikan Vaksin Anti Rabies (VAR).

"Tadi dokter kita di Puskesmas ini sudah memberikan Vaksin terhadap korban, dan untuk penanganan selanjutnya sesuai dengan Protap harus bertahap," kata Aldi, saat dikonfirmasi. Kamis (18/01/2018).

Selain itu juga, untuk mencegah luka bekas gigitan tahapanannya ialah dari pertama digigit diberikan Vaksin, terus dilihat lagi pada 7 hari kedepan, 2 minggu kedepan kemudian 21 hari kemudian.

"Semua nya bertahap, itu sesuai program tetap (protap)," singkat Aldi. 

Aldi juga mengatakan bahwa pihaknya tadi sudah berkoordinasi dengan dokter hewan, dan dokter pun juga sudah melayangkan surat bahwa anjing yang menggigit keenam warga itu positif rabies.

"anjing nya sudah di bawah ke RPH, dan sesuai surat yang dilayangkan ke kita anjing itu memang positif Rabies," sebutnya lagi.

Saat ditanya kenapa Puskesmas tidak menyediakan obat rabies, Aldi berkilah bahwa obat rabies itu memang tidak ready di Puskesmas, melainkan di Dinkes.

"Di sini memang tidak disediakan, untuk mengambil obat itu kita berikan pengajuan dulu ke Dinkes kemudian baru obat itu di bawa ke puskesmas," kilahnya.


"kalau di Puskesmas ini stok Vaksinnya tetap di Dinkes, jika ada pasien baru kita ajukan ke dinkes," timpalnya. (ST-end)
Pos Terkait