Rawan Kebakaran, Tim Polres Tebo Sambangi PT. TPIL

Suaratebo
Rawan Kebakaran, Tim Polres Tebo Sambangi PT. TPIL


Suaratebo.net, Tebo – Menyikapi memasuki musim kemarau rentan dengan kebaran lahan, terkait hal tersebut Pihak Polres Tebo melakukan pembinaan penyuluhan (Binluh) kepada Manajemen PT. TPIL Desa Pelayang Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, giat Kasatgas Opsres II Ops Bina Karuna Siginjai tahun 2021 Polres Tebo yang dilaksanakan pada Senin (14/6/2021) sekira pukul 09.00 wib yang berlokasi di Desa Pelayang.

Menyikapi musim kemarau, Tim Kasatgas Opsres II Ops Bina Karuna Siginjai melakukan monitoring dan pembinaan serta penyuluhan kepada perusahaan, kali ini Tim melakukan Binluh kepada PT. TPIL, kehadiran tim disambut hangat oleh menajemen perusahaan, karena sosialisasi dan penyuluhan sangat membantu perusahaan dalam mengantisipasi pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Selain melakukan Binluh Tim Polres Tebo juga melakukan pendataan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan dalam menanggulangi kebakaran, melihat kelengkapan perusahaan tim menghimbau jika saja terjadi kebaran lahan maka, upaya dini yang dilakukan adalah mengerahkan semua sarana dan prasaran yang ada di perusahaan serta sesegera mungkin menginformasikan kebakaran lahan kepada petugas yang berwenang untuk menindaklanjutinya, baik itu petugas pemadam kebakaran, maupun pihak kemananan dari kepolisian.

Selain itu tim dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan juga menginformasikan pidana terkait pembakaran lahan dan hutan, dapat di pidana  pasal  187 UU RI No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dapat dipidana hukuman penjara selama 15 tahun denda 15 Miliyar.

Pembinaan ini dibenarkan oleh Kapolres Tebo AKBP Gunawan Tri Laksono, S.I.K melalui AKP Sutikno selaku Kasat Binmas Polres Tebo “Kita mendatangi perusahaan – perusahaan guna memberikan penyuluhan dan pembinaan pencegahan dini kebakaran lahan dan hutan, selain itu kita juga mengecek langsung kondisi saran dan prasarana peralatan pemadam yang dimiliki perisahaan” tegasnya

Atas sosialisasi pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan Tim giat Kasatgas Opsres II Ops Bina Karuna Siginjai Polres Tebo, Helon L selaku Manager ucapkan terima kasih kepada Polres Tebo yang telah memberikan penyuluhan dan pembinaan terkait pencegahan dini kebakaran lahan dan hutan.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Bapak-Bapak yang telah meluangkan waktunya untuk membina kami serta memberikan penyuluhan dalam mengantisipasi dan mencegah kebakaran lahan dan hutan” ungkapnya

Tim berharap dengan diadakannya penyuluhan dan pembinaan yang dilakukan kepada perusahaan, tentunya pihak perusahaan bisa memamahami dan bisa mengaplikasikannya jika saja terjadi kebakaran lahan dan hutan diareah perusahaan tersebut, hingga dampak kebaran tidak meluas.

Dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan Pihak Polres Tebo menurunkan beberapa personil, yang langsung di komandoi oleh AKP Sutikno selaku Kasat Binmas Polres Tebo dan empat orang anggotanya yakni Bripka Mh. Suagian, Bripka Gundra, Bripka Afrianto, SH, dan Bripda Fajrul, kegiatanpun berjalan lancar tanpa kendala serta melaporkan kegiatan tersebut langsung kepada Polres Tebo. (HS-ST)

Pos Terkait