Masih Zona Merah, Ini Yang Menyebabkan Tim Lakukan Operasi Yustisi

Suaratebo
0
Masih Zona Merah, Ini Yang Menyebabkan Tim Lakukan Operasi Yustisi



Suaratebo.net, Tebo - Tingginya angka penyebaran covid-19 membuat Tim Gabungan Satpol PP, Polres Tebo, dan Koramil 05 Muara Tebo turun menggelar Operasi Yustisi penegakkan hukum protokol kesehatan dengan sasaran warga tidak menggunakan masker serta tempat usaha yang tidak menyediakan fasilitas protokol kesehatan, operasi dilaksanakan di Simpang Tugu Kecamatan Tebo Tengah dan tempat yang menjadi kerumunan, pada Selasa (15/6/2021) sekira pukul 09.00 wib.

Masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan bisa saja berkontribusi terhadap tingginya tingkat penyebaran covid-19 di Kabupaten Tebo, dimana saat ini tebo masih berada di zona merah, zona yang mengkhawatirkan jika terjadi pengabaian oleh masyarakat, Tim Gabungan operasi yustisi memprioritaskan sasaran kepada pengendara baik roda dua dan roda empat yang tidak menggunakan masker, selain itu tim juga menindak tempat-tempat usaha yang tidak menyediakan protokol kesehatan seperti handsanitizer atau tempat cuci tangan dengan sabun.

Hingga hari ini warga kabupaten tebo yang terkonfirmasi sebanyak 676, suspect 28 orang dan meninggal dunia 30 orang, seiring naiknya warga yang terkonfirmasi, tingkat kesembuhan pasien juga tinggi sampai hari ini pasien yang sembuh sebanyak 575 orang, walaupun tingkat kesembuhan pasien tinggi tim akan tetap melakukan operasi yustisi terhadap penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Dalam operasi yustisi tim mendapati 33 orang pelanggar yang terjaring diantaranya 5 orang diberi sanksi administrasi sebesar Rp. 50.000, 3 orang sanksi tertulis dan selebihnya diberikan sanksi lisan, operasi inipun merujuk kepada Perbup Nomor 192 tahun 2020 tentang pendisiplinan protokol kesehatan covid-19 kabupaten tebo.

“Melihat tingginya angka terkonfirmasi positif covid-19, kami selaku tim menjalankan Perbup nomor 192 tahun 2020 tentang pendisiplinan protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat, walapun tingkat kesembuhannya juga naik, namun tebo saat ini masih berstatus zona merah, dan kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan” Jelas Drs. Taufiq Khaldy selaku Kasat Pol PP saat dikonfirmasi pada Selasa (15/6/2021)

Rencananya giat operasi yustisi akan terus dilakukan oleh tim, terutama pada daerah yang tinggkat penyebarannya cukup tinggi.(HS-ST)


Pos Terkait