google-site-verification=bB-X4z6_xXeI72_wdRL6X4bzdLSoAXLWxU0FGIIw1so Masa Pandemi Covid-19, Kriminal Bungo Turun Drastis

Masa Pandemi Covid-19, Kriminal Bungo Turun Drastis


Suaratebo.net, Tebo -  Masa pandemi covid-19, angka kriminalitas diwilayah hukum Polres Bungo turun drastis dibandingkan tahun 2019 lalu. Fakta ini berbanding terbalik bila dilihat ditahun-tahun sebelumnya. Kok bisa seperti ini, berikut penjelasan Kapolres Bungo  AKBP Mokhamad Lutfi. S.I.K, Memimpin Konferensi Pers  diaula utama Mapolres Bungo, Rabu (30/12/2020). Bersama media Cetak, online dan Televisi.

" Seharusnya meningkat. Karena masa Pandemi ini ekonomi masyarakat terpuruk. Tapi, kita bicara fakta. Penurun angka kriminalitas sepanjang tahun 2020 turun drastis. Apakah ini sebuah prestasi kinerja, kita serahkan ke publik yang memberikan penilaian," ungkap Kapolres.

Kepada awak media disampaikan Kapolres, bahkan angka tersebut jauh lebih rendah saat ia masih menjabat di Kapolres Merangin. Padahal Kabupaten Bungo sebuah kabupaten maju di 11 Kabupaten/kota Se- Provinsi Jambi.

Berikut pemaparan pengungkapan kasus oleh Polres Bungo. Dimana kasus Curat menduduki peringkat pertama sepanjang tahun 2020. Tercatat ada 83 kasus, menyusul kasus Narkoba sebayak 73 kasus, Anirat 29, Pengelasan 23, Curanmor 19, Penipuan 18 kasus.

Kemudian  Curas sebanyak, 
12 kasus, pengerusakan 7, Perjudian 3 kasus, korupsi 2 kasus, pembunuhan 1 kasus, pembakaran 1 kasus dan pemerasan 1 Kasus. Namaun tren ini bila dibandingkan tahun 2019 menurun drastis dengan angka 489 kasus tahun 2019 dan 269 kasus di tahun 2020.

" Dari grafik ini tampak jelas angka penurunan kasus," paparnya.

Meskipun tidak memiliki peringkat pertama, namun kasus narkoba diakui oleh Kapolres menjadi perhatian, sebab ada pengungkapan kasus besar yang barang tersebut didatangkan dari luar negeri. Ia mengakui, Dari satu sisi saya memberikan apresiasi kinerja pembantu saya yang berhasil mengungkapkan kasus besar ini. Tapi disuatu sisi ia perhatian dengan generasi Bungo yang terlibat narkoba.

" Prestasi ini diminta dipertahankan dan meminta semua kalangan sampai ke pelosok-pelosok desa  untuk bersama membantu kenerja dari pihaknya," fungkas Kapolres.(Ns-ST)