Diduga Penggunaan Dana Desa Masih Banyak Bermasalah

suaratebonews. blogspot. com
Diduga Penggunaan Dana Desa Masih Banyak Bermasalah

Suaratebo.net, Muara Tebo - Hasil audit internal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo, banyak temuan atau kesalahan dalam pengelolaan dana desa (DD) yang dilakukan oleh seluruh desa se Kabupaten Tebo.

Dari hasil audit ini pun, pihak desa direkomendasikan untuk mengembalikan temuan tersebut. Hal ini dikatakan oleh Setyoko Sekretaris Inspektorat Tebo.

" Berdasarkan hasil audit kita, memang semua desa ada kesalahan dalam mengelola DD, dan ini kita rekomendasikan untuk dikembalikan, "ujar Sutyoko dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Menurut dia, adanya temuan yang dilakukan oleh pihak desa ini disebabkan oleh kurangnya SDM desa dalam mengelola anggaran. "Rata-rata karena SDM di desa rendah dan aplikasi pelaporan yang mengunakan sistem online. Jadi mereka (pengelola DD) sangat rentan melakukan kesalahan yang menyebabkan timbulnya temuan, "kata dia lagi.

Dibeberkannya, temuan yang sangat dominan dilakukan oleh pihak desa atau pengelola DD diantaranya, pajak yang belum disetor atau pembelian barang yang belum dikeluarkan pajaknya, kekurangan volume pada pekerjaan fisik, mark up harga atau harga kemahalan dari harga pasar dan lain sebagainya.

"Dominasi temuan ini rata soal pajak, kekurangan volume pekerjaan, kelebihan atau kemahalan harga. Hasil temuan ini juga sudah kita laporkan ke bapak Bupati, "tutupnya. (ST-BS2)

Pos Terkait