Ini Tips Pemulihan Orang Tanpa Gejala Covid19 Dari dr. Oktavieni

Suaratebo
Ini Tips Pemulihan Orang Tanpa Gejala Covid19 Dari dr. Oktavieni



Suaratebo.net - Belum tentu semua yang terinfeksi covid19 memiliki resiko, ada yang tidak memiliki gejala saat dinyatakan positif covid19, bahkan reaktifnya seseorang juga belum tentu positif.

Dirktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Thaha Syaifudin (STS) Tebo dr. Oktavieni memberikan beberapa tips pemulihan terhadap pasien OTG Positif Covid19, dimana salah satu unsur penting menjalani isolasi dirumah dengan menggunakan masker.

Gunakan Masker Saat Menjalani Isolasi Mandiri

dr. Oktavieni menyebut pentingnya menggunakan masker saat dirumah yang sedang melakukan isolasi mandiri, dengan memperhatikan kebersihan masker, gunakan masker yang direkomendasikan. Jika menggunakan masker yang sekali pakai, bungkus dalam plastic dan buang, jangan biarkan berserakan kawatir berdampak terhadap lingkungan.

Tetap Dirumah Jika Timbul Gejala

Apabila selama pemulihan ataupun isolasi mandiri timbul gejala covid19 seperti demam, batuk dan bersin, dr. Oktavieni menyarankan untuk tetap dirumah, hindari kerumunan, jangan meninggalkan tempat isolasi hingga isolasi mandiri selesai dilakukan, lakukan konsultasi online dengan dokter jika gejala covid19 tidak kunjung reda.

Pisahkan Kamar Dari Keluarga yang Lain

Mengunakan kamar terspisah dengan keluarga sangatlah penting demi menghindari penyebaran semakin luas, terutama kepada keluarga, walaupun dirumah, perketak protocol kesehatan, tetap jaga jarak, untuk piring tempat makan cuci sendiri, dan jangan berbagi peralatan makan, mandi dan tempat tidur.

Rutin Berjemur Pagi

Berjemur dibawah matahari setiap pagi maksimal selama 15 menit dan selalu cek kondisi tubuh, perbanyak minum vitamin C dengan dosis 2000mg perhari, konsultasikan kondisk kesehatan dengan dokter melalui telepon, himbauan dari dr. Oktavieni

Pola Hidup Sehat

Hidup sehat sangatlah penting, banyak orang yang mengabaikan prilaku hidup sehat, seperti asupan gizi yang seimbang, rutin olahraga dan teratur, dan yang paling utama menjaga kebersihan lingkungan.

“Jika isolasi mandiri yang dilakukan dirumah mengkhawatirkan keluarga, pasien bisa meminta kepada pihak Dinas Kesehatan ataupun Pihak RSUD untuk mengisolasi pasien di RSUD” jelas Oktavieni.(HS)

 

Pos Terkait