Polres Tebo Mendeteksi 3 Perusahaan Lakukan Pembakaran Lahan

Bangzie
Polres Tebo Mendeteksi 3 Perusahaan Lakukan Pembakaran Lahan

Suaratebo.Net - Jajaran Polres Tebo melakukan penyelidikan terhadap kebakaran hutan di wilayah perusahaan yang ada di Kabupaten Tebo. Hal tersebut langsung disampaikan Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman, saat dikonfirmasi usai gelar Coffe Morning bersama insan pers di rumah Sate Ayang, Pasar Muara Tebo, Rabu (25/09/2019) pagi.

Atas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Tebo mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Polres Tebo dan Satgas Karhutla pun terus berupaya melakukan pengawasan dan penindakan terharap para pelakunya.

Tak peduli apakah itu pihak Perusahaan maupun masyarakat biasa sebagai pelakunya dan ini terbukti dengan telah diamankannya para tersangka dan penyidikan terhadap perusahaan besar yang terlibat dengan Karhutla oleh Polres Tebo.

"Ada 3 perusahaan yang masuk dalam lidik kita, PT ABT, PT SEKONA dan PT MAKIN. Tidak menutup kemungkinan ada kebakaran lahan lagi didaerah perusahaan karena kini masih musim kemarau," kata Kapolres.

Kapolres mengatakan bahwa dalam kasus Karhutlah ini, polres Tebo sudah mengamankan 5 orang tersangka. Kelima orang tersebut masih dilakukan pemeriksaan di Mako Polres. 

"Untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan sudah ratusan hektare," sebutnya.

Kapolres membeberkan bahwa terkait lebakaran lahan perusahaannya, dalam surat PT ABT menerangkan bahwa alat untuk Karhutla, alat lengkap (Banyak,red), tapi yang ada dilokasi hanya 1 unit mobil Dum Truk bermuatan Tedmon Air untuk memadamkan air.

Menurut informasi dilapangan kebakaran lahan didalam kawasan PT ABT kurang lebih 200 Ha, PT MAKIN 40 Ha dan PT SEKONA 30 Ha. Kemungkinan besar, 3 perusahaan ini turut andil sebagai perusahaan penyumbang kabut asap. (ST,END)
Pos Terkait