Tebo Ajukan 1500 Kuota CPNS, Ini Formasi Yang Dibutuhkan

Iklan

Tebo Ajukan 1500 Kuota CPNS, Ini Formasi Yang Dibutuhkan

Selasa, 29 Januari 2019 | 29.1.19 WIB

Suaratebo,net. Tebo - Mengingat Kabupaten Tebo masih banyak kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang berstatus ASN, jika diizinkan Pemkab Tebo tahun 2019 ini kembali mengajukan kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Menpan-RB.

Hal tersebut langsung disampaikan Bupati Tebo, H. Sukandar, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, selasa (29/01/2019). " karena setiap tahunnya banyak ASN banyak yang pensiun, meninggal dunia dan banyak juga pegawai kita yang ikut suaminya pindah ke Kabupaten lain. Kami akan usulkan formasi itu di tahun 2019 ini jika pemerintah pusat atau Menpan-RB membuka peluang perekrutan ASN di Tebo," ungkap Sukandar.

Untuk Formasi CPNS ini, lanjut Sukandar, Kabupaten Tebo masih membutuhkan formasi yang sama pada perekrutan sebelumnya seperti tenaga ahli, pendidik, kesehatan dan penyuluh. Namun, yang paling banyak itu formasi tenaga guru.

Saat ditanya berapa kuota yang diajukan Pemkab Tebo untuk perekrutan CPNS tahun 2019 ini, Sukandar bakal mengajukan sebanyak-banyaknya. Namun, sesuai dengan kebutuhan Kabupaten Tebo masih kekurangan sekitar 1500 tenaga ASN lagi.

"Kalau kita selalu ajukan kuota sebanyak mungkin, namun biasanya yang di setujui 170, 200, dan paling banyak 300 formasi," kata Sukandar.

Sukandar mengaku bahwa masih banyak tenaga pendidik yang masih berstatus honor, dan dirinya minta agar menpan-RB ada perhatian khusus untuk Kabupaten Tebo terkait perekrutan CPNS ini. 

Ditanya lagi apakah dalam perekrutan ini Tebo bakal mengutamakan putra daerah, Sukandar menyatakan bahwa perekrutan ini umum. Dari daerah manapun boleh mendaftar sesuai dengan kebutuhan pemkab Tebo di setiap OPD.

"Seperti di Dinas PU tenaga aspek sangat kurang, Bakeuda tenaga akutansi juga kurang dan disekretariat dibutuhkan disiplin keilmuan yang memang sangat dibutuhkan," bebernya.

Untuk pelaksanaan sendiri, Pemkab Tebo menunggu petunjuk pusat. Pasalnya, Pemkab tidak diberi kewewenang untuk menyelenggarakan perekrutan, karena yang memberi restu mereka (menpan,red).

"Untuk teknis kita tetap menunggu petunjuk pusat, jika mendapat restu untuk menyelenggarakan di Tebo kita siap. Karena kita punya ruangan dan beberapa laptop maupun computer kita juga siap," tutup Sukandar. (ST,end)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tebo Ajukan 1500 Kuota CPNS, Ini Formasi Yang Dibutuhkan

Trending Now

Adsen