Lomba B2SA dan Serba Ikan, Sekda Tebo : Makan yang cukup tidak menjamin masyarakat terhindar dari

Iklan

Lomba B2SA dan Serba Ikan, Sekda Tebo : Makan yang cukup tidak menjamin masyarakat terhindar dari

Jumat, 31 Maret 2017 | 31.3.17 WIB
Sekda Tebo Drs. Abu Bakar, M.Si Ketika membuka Acara Lomba Menu B2SA dan Serba Ikan

Muara Tebo - Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo bekerjasama dengan Tim PKK dan dinas Perkebunan, Peternakan dan Perikanan menyelenggarakan kegiatan Lomba masak Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta Serba Ikan, yang dilaksanakan di Aula Utama Komplek Perkantoran Seentak Galah Serengkuh Dayung, acara dihadiri oleh Bupati Tebo yang diwakili langsung oleh Sekda Tebo  Drs. Abu Bakar, M.Si, juga hadir Ketua PKK Titi Aprianti serta OPD dan 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tebo.

Kadis TPHKIr. Sarjono saat keliling melihat ragam olahan pangan peserta lomba B2SA dan Serba Ikan

 Ibu Bupati Titik Aprianti juga sebagai Ketua PKK Kabupaten Tebo ketika meninjau keliling olahan pangan lokal pada keigiatan lomba B2SA dan Serba Ikan Sekaligus melakukan penilaian terhadap peserta

Kegatan Lomba Masak dibuka langsung oleh Sekda Tebo Drs. Abu Bakar, M.Si yang mewakili Bupati Tebo;
"Rata-rata konsumsi penduduk berdasarkan kelompok pangan tahun 2015 (data  susenas 2010 -2014, diolah dan dijustifikasi oleh bkp pusat) menunjukkan bahwa konsumsi energy actual masyarakat kita dari kelompok pangan umbi-umbian baru mencapai 48,0 kkal/kap/hari (idealnya 120,0 kkal/kap/hari), sayur-sayuran baru mencapai 99 kkal/kap/hari (idealnya 120 kkal/kap/hari), sedangkan untuk kacang-kacangan 57 kkal/kap/hari (idealnya 120 kkal/kap/hari).
Lomba cipta menu b2sa berbasis sumber daya lokal diharapkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga dapat menyajikan menu b2sa berbasis sumber daya  lokal berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin  dan mineral yang disesuaikan dengan umur, aktifitas dan jenis kelamin. pangan b2sa sangat penting bagi tubuh karena tidak ada satu jenis pangan pun yang gizinya lengkap. selain itu makin beragam pangan yang kita konsumsi, makin tinggi kualitas gizi yang kita peroleh, jadi mari kita manfaatkan " tegas beliu dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan lommba masak.(30/03)
Ibu Titik Aprianti melakukan penilaian terhadap salah satu peserta lomba

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Dinas TPHKP Ir. Sarjono;
"Kabupaten tebo memiliki karakteristik dan kekayaan produk pangan yang sangat beragam baik itu terbuat dari bahan pangan beras dan non beras. yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana kita melakukan diversifikasi makanan olahan yang berasal dari bahan pangan non beras tetapi tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang. untuk menuju hidup sehat, cerdas dan produktif setiap individu haruslah mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang dari berbagai jenis tanaman, daging dan ikan sebagai sumber karbohidrat, protein dan mineral bagi tubuh manusia, pada lomba masak kali ini pemenang lomba akan diikutkan ke tingkat provinsi" ungkapnnya mengkahiri sambutannya.

Antusias peserta lomba B2SA yang menampilkan berbagai macam dan ragam keunikan olahan pangan lokal

Kabupaten Tebo memiliki potensi besar dalam keanekaragaman pangan lokal, jika diolah secara tekun bisa saja masing - masing kecamatan mempunyai keunggulan olahan lokal khas tersendiri, bahkan bisa populer, semoga saja bisa ya.
.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lomba B2SA dan Serba Ikan, Sekda Tebo : Makan yang cukup tidak menjamin masyarakat terhindar dari

Trending Now

Adsen