Semarak Lebaran di Cermin Alam, Emak-Emak Ikuti Lomba Pembacaan Tahlil dan Doa

Unknown
Semarak Lebaran di Cermin Alam, Emak-Emak Ikuti Lomba Pembacaan Tahlil dan Doa
Suaratebo.net - Dalam rangka semarak merayakan hari raya idul fitri 1444 Hijriah/ 2023 Masehi. Emak-emak di dusun Tri Makmur, Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir, Tebo, Jambi, mengikuti perlombaan pembacaan tahlil dan do'a.

Selain kaum ibu-ibu, pemuda dari karang taruna juga tampak mengikuti lomba cabang khotba jum'at. Dengan harapan akan melahirkan khatib-khatib muda yang handal untuk tampil di masjid Baitul Makmur di Desa Cermin Alam.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan VII Koto Ilir, menyampaikan bahwa ajang ini sengaja digagas oleh pemuka agama yang didukung perangkat desa serta supor dari pemerintah daerah yang saat ini pimpin oleh PJ Bupati Tebo H. Aspan.

"Tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk upaya dan keinginan pemuka agama menjaga warisan Ilmu agama sampai ke anak cucu, ditengah gangguan zaman diera digital saat ini," kata ketua MUI Kec. VII Koto Ilir, Ustaz Hendrianto, S.Sos.I, pada Minggu (23/4/2023).

Dikatakannya juga, bahwa lomba khutbah Jum'at khusus kepada pemuda Karang Taruna, berbeda dengan tahun ini, peserta bebas mengangkat tema dan tidak lagi dibekali dengan materi seperti tahun sebelumnya disediakan panitia.

"Untuk perlombaan yang pesertanya ibu-ibu ini, diharapkan para emak-emak bisa memimpin acara tersebut secara bergiliran, karena kita tahu kegiatan BKMT mak-mak di masyarakat aktif, seperti yasinan ibu-ibu dan kegiatan lainnya," ujarnya. 

Ketua MUI juga menyampaikan bahwa semua pemuka agama dilibatakan dalam perlombaan ini untuk memberikan penilaian. Pasalnya pemenang akan diberikan kesempatan tampil membaca khutbah di hari Jumat mendatang.

"Berbagai cabang lomba lainnya yang digelar seminggu lebaran, lomba ayat-ayat pendek untuk anak-anak dan remaja, antaranya azan,sholat lima waktu dan cabang lomba agama lainnya," terangnya.

Untuk diketahui kembali, spesial kegiatan perayaan kali ini semua cabang lomba meliputi bidang agama, tradisional dan modern disuport penuh oleh Pj. Bupati Tebo H. Aspan, baik piala, trophy, hadiah peserta terbaik dan uang pembinaan, termasuk seluruh para peserta yang ikut lomba. (Red,ST)
Pos Terkait