79 Warga Kecamatan VII Koto, Keracunan Makanan Usai Santap Makanan Ini

Suaratebo
0
79 Warga Kecamatan VII Koto, Keracunan Makanan Usai Santap Makanan Ini

 

Suaratebo.net, Tebo – 79 orang warga Kecamatan VII Koto alami kercaunan makanan, sebelum kejadian Siswa MIS Nurusabyan mengikuti kegiatan perangatan tahun baru islam, untuk memeriahkan malam 1 muharram 1444 H.

Kronologis kejadian, usai melaksanakan kegiatan pawai tahun baru islam pada 30 Juli 2022 di Kecamatan VII Koto peserta MIS Nurussabyan istirahat di Mesjid Almukmin Desa Tanjung, pesertapun menyantap sate yang dibeli masyarakat di Desa Amapelu Kabupaten Dharmasraya yang kemudian sate tersebut diberikan masyarakat kepada peserta pawai.

Usai menyantap sate  pada pukul 21.30 wib pesertapun pulang kerumah dan tidak menunjukkan gejala apapun, namun pada Sabtu, (31/7/22) peserta pawai MIS Nurusabyan pun mengalami gejala mual-mual, pusing dan lainnya seperti keracunan, awalnya warga tidak menaruh kecurigaan atas apa yang menjadi penyebab keracunan tersebut, berselang tidak lama beberapa wargapun menyusul untuk berobat dengan gejala dan penyakit yang sama, namun setelah di telusuri  wargapun menelusuri apa yang menjadi penyebab keracunan tersebut, kuat dugaan keracunan di akibatkan sate yang di makan peserta pawai pada malam 1 muharram, pasalnya warga yang berobat semuanya warga yang mengikuti pawai dan yang memakan sate, hal inipun dibenarkan oleh Kapolsek VII Koto Iptu Ika Y Widiatmiko, S.IKom saat dikonfirmasi suaratebo.net.


“Sebanyak 79 orang warga VII Koto alami keracunanan makanan, diduga berasal dari makanan sate yang dimakan peserta pawai pada malam 1 muharam” Jelas Kaplsek yang akrab dengan sapaan Miko.

Ditambahkan oleh Miko bahwa kegiatan peringatan 1 Muharram yang dilakukan MIS Nurusabyan tidak ada pemberitahuan ke Polsek VII Koto.

“Kita tidak ada pemberitahuan dari panitia atau penyelenggara kegiatan 1 muharram” tegas Miko.

Hingga berita ini diturunkan warga yang keracunan Sebagian dirawat inap dan rawat jalan, warga yang mengalami keracunan awalnya 58 orang, hingga saat ini bertambah menjadi 79 orang, 21 orang rawat inap di Dipuskesmas Teluk lancang Berjumlah 5 orang , 1 orang pagi tadi sudah diperbolekan pulang kerumahnya , tersisa di puskesmas 4 orang, dan 16 orang dirawat diklinik Fadilah Ampalu Kab.Dharmasraya sementara 58 orang lainnya rawat jalan. (Red-ST)

Pos Terkait