Pedasnya Harga Cabai, Masih Dalam Taraf Stabilitas Pangan, Ini Penjelasannya

Iklan


Pedasnya Harga Cabai, Masih Dalam Taraf Stabilitas Pangan, Ini Penjelasannya

Suaratebo
Jumat, 03 Juni 2022 | 3.6.22 WIB

Gambar : Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura (Custom)


Suaratebo.net, Tebo – Pasca lebara idul fitri 1443 H harga kebutuhan pokok mengalami penurunan, namun hal tersebut tidak berselang lama, pasalnya dalam tempo yang singkat harga kebutuhan pokok Kembali naik, diantaranya cabai dan bawang.

Terpantau di pasar Bungur muara tebo, harga kebutuhan pokok alami kenaikan yang cukup signifikan, hal hal tersebut berdasarkan pemantauan beberapa pedagang di pasar bungur, sehingga mempengaruhi minat beli masyarakat menjadi berkurang, akan kebutuhan cabai dan bawang, kenaikan dirasakan dalam beberapa minggu terakhir.

Kenaikan harga bahan pokok sangat dirasakan Niken salah seorang ibu rumah tangga.

“Ampun bang, harga cabe benar-benar pedas, biasanya harga cabai berkisaran Rp. 30 ribu – Rp. 35 Ribu, sekarang harga cabai tembus diangka Rp. 60 ribu / kg, sementara bawang tembus Rp. 50 ribu/ kg, sekarang beli cabai dikurangi, tidak seperti biasanya” ujar Niken.

Terpantau langsung di lapangan harga bahan pokok di pasar tradisional menembus angka Rp. 60.000/kg, Cabai Rawit Rp. 50.000/ kg – Rp. 60.000/kg dan harga bawang Rp. 50.000/kg.

Menurut Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo saat dikonfirmasi H. Muhammad Ziadi, M.Si selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura melalui Nanang Suyanti, S.ST Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura mengatakan harga cabai Rp. 60.000/ kg didalam ketahanan pangan masih dalam stabilitas ketahanan pangan, melainkan jika harga menembus hingga Rp. 100.000/ kg, kenaikan harga bisa saja beragam penyebabnya diantaranya, panen menurun karena musim kemarau dan sulitnya mendapat pasokan bahan pokok.

“Untuk harga Rp. 60.000/kg didalam stabilitas harga pangan hal tersebut masih dianggap wajar, hal ini juga disebabkan karena pasokan bahan pokok kurang dan panen petani menurun karena musim kemarau, namun jika harga cabai tembus Rp. 100.000/kg harga tersebut sangat tinggi, dan pemerintah akan mengambil sikap atas harga yang sangat tinggi guna mengantisipasi, stabilitas harga pokok bahan pangan” jelas Nanang saat dikonfirmasi. (3/6/2022)

Berdasarkan pemantauan untuk Provinsi Jambi rata-rata harga cabai mengalami kenaikan Cabai merah besar Rp. 55.750/ kg, Cabai rawit hijau Rp. 56.250/kg, Cabai rawit merah Rp. 75.000 dan Cabai merah keriting Rp54.150 data tersebut dikutip dari hargapangan.id. (HS-ST)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pedasnya Harga Cabai, Masih Dalam Taraf Stabilitas Pangan, Ini Penjelasannya

Trending Now

Adsen