Kapolres Bersama Forkopimda Tebo Peringati Harlah Pancasila Secara Virtual

Iklan


Kapolres Bersama Forkopimda Tebo Peringati Harlah Pancasila Secara Virtual

Rabu, 01 Juni 2022 | 1.6.22 WIB

Suaratebo.net. Tebo - Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega, M.Psi, Psi menghadiri pelaksanaan upacara hari lahirnya Pancasila secara virtual, yang gelar di Aula Pendopo Rumah Dinas Bupati Tebo, pada Rabu (01/06/2022) pagi. Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Pj. Bupati, unsur Forkopimda dan sejumlah pejabat pemkab Tebo.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni tahun 2022 ini, dipusatkan di Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur dan diikuti peserta upacara di tempat lain melalui virtual serentak diseluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang disiarkan langsung melalui Aplikasi Zoom. Selaku pembaca teks Pancasila adalah Ketua DPR RI Bambang Susatyo.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini di beri Tema “ Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia ”. Sementara itu, pakaian peserta upacara peringatan ditetapkan untuk pria, dan wanita menggunakan pakaian adat sedangkan TNI/Polri pakaian Dinas.

Presiden Jokowi, dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pancasila harus tetap menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita dan nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia.

"Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengatakan bahwa walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

"untuk menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Dan Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan," terang Presiden.

Diakhir amanatnya, Presiden Indoneaia ini mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang di cita-citakan. 

Sementara, upacara peringatan hari lahir Pamcasila yang dilaksanakan di Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur, secara virtual yaitu Wakil Presiden, Pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh lainnya. (Red,ST)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Bersama Forkopimda Tebo Peringati Harlah Pancasila Secara Virtual

Trending Now

Adsen