Edi Maruli; Ini Yang Harus Dilakukan Saat Anda Berada Di TKP

Iklan


Edi Maruli; Ini Yang Harus Dilakukan Saat Anda Berada Di TKP

Suaratebo
Kamis, 02 Juni 2022 | 2.6.22 WIB
Gambar : KBO Reskrim Polres Tebo Edi Maruli, Saat Memberikan Materi Kepada Anggota Pokdar


Suaratebo.net, Tebo - Polres Tebo berikan pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) di Aula Wira Astha Brata Polres Tebo Pada Kamis (2/6/2022), pukul 10.00 wib.

Kegiatan TPTKP yang disampaikan langsung oleh Edi Maruli KBO Reskrim Polres Tebo dalam melakukan tindakan pertama terhadap TKP, peserta TPTKP merupakan anggota pengurus Pokdar Kamtibmas Resort Tebo dan Pokdar Sektor 12 Kecamatan Kabupaten Tebo.

Materi TPTKP yang diberikan tidak lain bertujuan membantu tugas kepolisian yang lokasinya jauh dari TKP tetapi dekat dengan anggota Pokdar, untuk itu diharapkan kepada anggota Pokdar mampu membantu tugas kepolisian saat di TKP.

Dalam penyampaiannya Edi Maruli selaku Pemateri dari KBO Reskrim Polres Tebo memaparkan secara detail apa - apa saja yang menjadi hal pertama yang dilakukan di TKP, serta jangan takut menjadi saksi.

"Inilah tindakan pertama yang harus dilakukan jika berada di TKP adalah, mendokumentasikan lokasi TKP, serta mengamankan lokasi dengan radius tertentu, menjelang petugas kepolisian datang dilokasi TKP, dan jangan takut menjadi saksi jika memang kita yang pertama menyaksikan kejadian di TKP" jelas Edi Maruli dengan tegas, dalam sambutannya sembari tanya jawab bersama anggota Pokdar.

Sama halnya jika melihat TKP langsung hubungi pihak kepolisian dan mengamankan TKP menjelang pihak kepolisian hadir di lokasi, bila perlu memberi tanda pada dengan kapur atau cat pada bagian-bagian yang spesifik untuk keadaan tertentu yang bisa dijadikan barang bukti lanjut Edi Maruli dalam pemaparan.

Kegiatan pelatihan TPTKP tersebut diminta langsung oleh Kapolres Tebo AKBP Fitria Mega, M.P.Si, P.Si saat dikonfirmasi.

"Kita ingin anggota Pokdar dibekali dengan TPTKP, agar nantinya jika ada anggota Pokdar yang lokasinya dekat dengan TKP dapat melakukan tindakan awal terhadap TKP dengan mengamankan areal dan mendokumentasikan lokasi TKP" Jelas Fitria Mega, dimana anggota Pokdar sebagai mitra dan perpanjangan tangan Polri bisa bekerja sama dengan baik.(HS-ST)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Edi Maruli; Ini Yang Harus Dilakukan Saat Anda Berada Di TKP

Trending Now

Adsen