Petugas Damkar Berhasil Evakuasi Kerbau Dari Lobang Septic Tank

Bangzie
Petugas Damkar Berhasil Evakuasi Kerbau Dari Lobang Septic Tank

Suaratebo.net Tebo - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo Jambi berhasil mengevakuasi seekor kerbau warga yang terporosok kedalam lobang septic tang sedalam tiga meter, di dusun Purwodadi Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah.

Evakuasi kerbau dengan bobot diperkirakan mencapai 3 kuintal dari dalam septiktang milik ibu Tini tersebut berlangsung dramatis. Berbagai upaya sudah dilakukan petugas dan warga, kurang lebih dua jam kerbau berhasil di evakuasi dengan cara mengisi air ke dalam libang septic tang dengan mesin pompa air.

Saat dikonfirmasi, Kepala dinas  pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo, Arief Haryoko, menyampaikan bahwa dalamnya lobang septic tang sempat membuat petugas dan warga kewalahan. 

"lobang septic tang akhirnya diisi petugas dengan air menggunakan mesin pompa hingga penuh, sehingga kerbau ikut terangkat kepermukaan," terang Arief Haryoko. Pada Selasa (15/03/2022).

Kata Arief, petugas sempat panik saat kerbau sudah terangkat naik, pasalnya kerbau mengamuk. Berbekal keahlian khusus, kerbau berhasil dijinakkan dan akhirnya diserahkan ke pemilik ternak.

"Kerbau sempat meronta-ronta, dan Alhamdulillah petugas juga mempunyai keahlian dalam menjinakkan kerbau," terangnya.

Atas kejadian ini, Arief Hayoko menghimbau kepada masyarakat agar menutup sumur atau lobang yang sudah tidak difungsikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

" Belajar dari pengalaman yang sudah ada, cukup riskan dan berbahaya membiarkan sumur atau galian begitu saja tanpa penutup apalagi berada dipermukiman warga," Pungkasnya (Red,ST) 
Pos Terkait