PT. PAS Dilaporkan Warga Terkait Rencana Akan Meracuni Lahan Buffer zone

Iklan

PT. PAS Dilaporkan Warga Terkait Rencana Akan Meracuni Lahan Buffer zone

Kamis, 03 Februari 2022 | 3.2.22 WIB

Suaratebo.net. Batanghari - Warga kelurahan Durian Luncuk, Kecamatan Bathin XXIV, Kabupaten Batanghari, secara resmi melaporkan PT. Pratama Agro Sawit (PAS) ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait rencana perusahaan yang akan meracuni lahan Buffer zone.

Warga bernama Arfan yang didampingi Wistaria selaku Ketua Umum LSM Nusantara dan Ketua Devisi Lingkungan Hidup Ahmad Yani SE, mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batanghari. Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Parlaungan. SP pada Jum’at, (21/01/2022).

Dengan membawa sejumlah barang bukti, Arfan yang di dampingi Ketua Umum LSM Nusantara langsung memberikan penjelasan terkait rencana jahat pihak perusahaan. Atas keterangam itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, akan segera mengambil langkah-langkah strategis sesuai dengan Undang-undang dan peraturan pemerintah.

“Kami akan jadwalkan turun langsung kelapangan terkait masalah ini, sesuai dengan aturan dan perundang-undangan nomor 5 tahun 1990 tentang Ekosistem (Hutan Penyangga), lahan Buffer zone tidak boleh diganggu apalagi dimusnakan dan harus dilestarikan", kata Kadis LH Parlaungan.

Parlaungan juga menerangkan bahwa tanaman diatas lahan Buffer zone tidak boleh dirusak apalagi dimusnakan, "jika itu dilakukan perusahaan berarti mereka dengan sengaja menabrak undang-undang," tambah Parlaungan

Selain dilaporkan ke DLH, Warga juga melaporkan permasalahan ini ke DPRD Batanghari. Anita Yasmine selaku ketua DPRD Kabupaten Batanghari saat ditemui di rumah dinasnya siap membantu menjembatani dan meminta waktu dengan pihak PT PAS.

"Saya akan minta dijadwalkan pertemuan untuk mediasi secepatnya dengan Komisi II, nanti akan kita undang pihak PT PAS, Dinas LH, Pelapor, para pendamping dan saya juga akan dampingi masalah ini sampai ada kesepakatan,” jelasnya.

Anita Yasmine meminta kepada pelapor untuk bersabar dulu, "Menjelang terjadwal hearing dengan pihak yang bermasalah, saya minta bersabar dulu sampai dengan acara pertemuan terlaksana,” pesanya. (ST,Red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT. PAS Dilaporkan Warga Terkait Rencana Akan Meracuni Lahan Buffer zone

Trending Now

Adsen