Wow,,,, Ratusan Datuk Rio di Bungo Bakal Bawa Isteri Studi Banding Ke Surabaya

suaratebonews. blogspot. com
Wow,,,, Ratusan Datuk Rio di Bungo Bakal Bawa Isteri Studi Banding Ke Surabaya

Suaratebo.net, Bungo - Ditengah keuangan daerah yang tengah terseok-seok dihantam pandemi Covid-19, malah ratusan Datuk Rio dari 17 Kecamatan , Se-Kabupaten Bungo membawa istri untuk studi banding ke Pulau Jawa. Beralasan, keberangkatan ini merupakan program meningkatkan kapasitas Rio.

Dari informasi yang dihimpun, ada dari 141 Desa dan 12 Kelurahan di Kabupaten Bungo, dikabarkan lebih dari 100 desa yang sudah menyatakan positif untuk berangkat dan sudah mendaftarkan diri. mereka berangkat juga menggunakan anggaran bersumber dari Dana Desa (DD).

Tak tanggung-tanggung, iuran tersebut mencapai belasan juta rupiah perdesa. Iuran tersebut diperuntukkan untuk akomodasi selama disana termasuk ongkos pulang pergi, penginapan dan makan. Dan itu diluar uang saku.

" Ditengah pandemi, seharusnya Datuk Rio (kades.red) lebih pikirkan masyarakat. Malah studi banding ke pulau Jawa. Kasian kita TNI dan Polri berjibaku melawan Covid-19. Malah jemput virus," Kesal warga yang dijadikan sumber terpercaya.


Ketua Forum Datuk Rio Kabupaten Bungo Ziyadi ketika dikonfirmasi membenarkan jika dalam waktu dekat ini ada Rio (kades.red) dan isteri bakal melakukan studi banding ke Pulau Jawa.

"Tujuannya ke Surabaya," kata Ziyadi.

Dikatakan Ziyadi, tidak semua Rio yang ada di Bungo bakal pergi mengikuti kegiatan ini. Saat ini yang sudah mendaftar jumlahnya dibawah 100 Rio.

"Tidak semua TP PKK juga yang ikut, Ada yang Rio nya saja," kata Ziyadi lagi.

Ziyadi juga membenarkan tujuan dari studi banding ke Surabaya. Keberangkatan ini merupakan program meningkatkan kapasitas Rio. Setiap Dusun atau Desa melakukan iuran sebesar Rp 4,5 juta perorang. Jika perginya dua orang atau lebih, maka langsung ditambah Rp 4,5 juta saja.

Biaya tersebut akan digunakan untuk akomodasi selama disana nantinya, seperti penginapan, dan sebagainya. Sementara untuk tiket pesawat, itu diluar iuran yang ditetapkan tersebut.

"Rp 4,5 juta diluar tiket pesawat," ungkap Ziyadi yang juga merupakan Datuk Rio Tebing Tinggi.(Red-ST)
Pos Terkait