Massa Tutup Jalan Tambang Batu Bara, Minta Izin PT. KBPC Dicabut

suaratebonews. blogspot. com
Massa Tutup Jalan Tambang Batu Bara, Minta Izin PT. KBPC Dicabut

Suaratebo.net, Bungo -  Setelah terjadi insiden bentrok antar warga yang memblokir jalan dengan massa perusahaan PT. KBPC. Saat ini ribuan masa Desa Sungai Pandan Kec. Rantau Pandan, Kab. Bungo, melakukan aksi juga dengan menutup jalan perusahaan.

Dari pantauan dilapangan, aksi penutupan jalan mulut tambang dilakukan masa tepatnya di RT 19, Desa Sungai Pandan. Sekitar pukul 11.30 wib. Masa sempat ditahan oleh pihak keamanan agar tidak melakukan aktifitas tersebut dan menempuh jalur mediasi. Tapi, warga tetap ingin melakukan apa yang sudah disepakati bersama untuk menutup jalur jalan di mulut tabang.

Pada akhirnya, aparat kepolisian tidak kuasa melarang dan warga pun berhasil menutupi jalan mulut tambang PT. KBPC dengan kawat berduri dan sepanduk yang sengaja dicetak sebagai alat peraga demo. 

Koordinator aksi Husaini yang dikenal sapaan cik Juku menyampaikan masyarakat rantau pandan tak kuasa dengan tindakan pihak perusahaan dan ia menyampaikan semua hak warga sudah dirampas oleh perusahaan. 

Masa membubarkan diri setelah ada kedekatan unsur forkomfinda, forkonfincam dan perangkat desa untuk bersepakat melakukan mediasi ditingkat kabupaten. Sebelum membubarkan diri, masa mengancam tidak ada menyerah, bila mediasi tidak memihak apa yang menjadi tuntutan masyarakat aksi akan melanjut kembali dan pembelokiran jalan tetap dipertahankan.(Ns-ST)
Pos Terkait