H. Bakhtiar Pimpin Rapat Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Desa

Bangzie
H. Bakhtiar Pimpin Rapat Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Desa

Batanghari, Suaratebo.Net - Bertempat Ruang Serbaguna Desa Rantau Kapas Mudo Kecamatan Muara Tembesi. Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar, Sp pimpin rapat bersama unsur forkompimda beserta pemerintah Desa. Pada Rabu (21/04/2021).

Hadir dalam rapat tersebut, Pj Sekda dan Asisten III Bupati, Camat Muara Tembesi, Kepala Desa Sekecamatan Muara Tembesi, seluruh Sekretaris Desa, Pendamping Desa, dan OPD terkait.

Dalam rapat tersebut, H. Bakhtiar mengajak Forkopimcam dan OPD terkait untuk mensinkronisasi penyusunan dan pembangunan Desa. Rapat ini juga merupakan tindak lanjuti dari hasil rapat beberapa waktu lalu.

Dirinya juga mengatakan, bahwa pada nomor 6 visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih menekankan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Batanghari berkomitmen untuk menciptakan budaya birokrasi yang harmonis serta sinegritas pembangunan daerah dan desa. 

Terkait dengan sinkronisasi perencanaan pembangunan desa pada pasal 79 Undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, ditegaskan bahwa dokumen RPJM desa dan RKP desa adalah menjadi satu-satunya dokumen perencanaan pembangunan desa dan kabupaten diupayakan harus dilakukan sehingga konstruksi UU Desa yang menghendaki perencanaan pembangunan desa sebagai salah satu sumber masukan bagi perencanaan pembangunan daerah”, urainya.

"Untuk OPD terkait agar mengkaji kemungkinan penetapan peraturan kepala daerah tentang daftar kewenangan desa yang bersifat asal usul dan lokal berskala desa, tentunya dengan melalui proses identifikasi program dan kegiatan OPD yang masuk ke desa," kata Bakhtiar.

Dengan penetapan itu, lanjut Bakhtiar, ia meminta agar OPD terkait secara proaktif mengawal desa untuk menetapkan melalui peraturan desa tentang kewenangan desa.

"Kita berharap upaya mensinkronkan perencanaan pembangunan desa dan kabupaten batanghari demi mewujudkan kabupaten tangguh dapat tercapai," pungkasnya. (ST, Zie)

Pos Terkait