Peduli Akan SAD Merangin, Kapolres Jadi Saksi Nikah Suku Anak Dalam

Iklan

Peduli Akan SAD Merangin, Kapolres Jadi Saksi Nikah Suku Anak Dalam

Sabtu, 23 Januari 2021 | 23.1.21 WIB

nasioSuaratebo.net, Merangin - Suku Anak Dalam (SAD) biasanya tidak mudah menerima kehadiran orang luar, terlebih lagi disaat adanya proses ritual adat yang mereka lakukan. Tetapi hal ini tidak bagi Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, S.I.K langsung dapat menghadiri proses Adat pernikahan warga Suku Anak Dalam (SAD) di perumahan warga SAD kelompok Tumenggung Jhon desa Mentawak Kec. Nalo Tantan Kab. Merangin, Sabtu (23/1/2021)

Kapolres Merangin dalam menghadiri acara adat tersebut juga diminta menjadi saksi dalam proses adat pernikahan warga SAD yaitu Delima merupakan Kaluarga Tumenggung Jhon yang menikahi Wismar Anak dari Tumenggunga Ngepas. Proses pernikahan itu sendiri dilakukan oleh Tumenggung Tampung.

Sebagai mana dari aturan adat bagi Suku Anak Dalam (SAD), proses pernikahan sendiri harus dilaksanakan sebelum terbitnya matahari dan hanya boleh disaksikan oleh orang–orang tertentu diantaranya adalah keluarga dan para Tumenggung SAD.

Sedang dengan kehadiran AKBP Irwan Andy Purnamawan, S.U.K dalam acara tersebut orang yang dihormatan bagi warga SAD, sebab orang nomor satu di Polres Merangin tersebut dianggap sebagai Rajo yang selama ini sangat peduli dan selalu memperhatikan keluhan warga SAD serta menjadi pengayom bagi seluruh warga SAD yang merupakan kelompok minoritas di Kabupaten Merangin

Dengan kehadiran Kapolres Merangin tersebut, Tumenggung Ngepas dan Tumenggung Jhon sebagai tuan rumah juga menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepadan AKBP Irwan Andy Purnamawan, S.I.K yang sudah berkenan hadir meluangkan waktu di sela sela kesibukannya.

“Terimakasih pak Kapolres telah datang undangan nikahan anak kami, semoga bapak sehat selalu,” ujarnya.

Pada acara tersebur juga Kapolres Merangin juga mendapatkan penjelasan secara detil tentang adat istiadat SAD dalam menjalankan kehidupan sehari hari hingga saat melangsungkan proses pernikahan.

Sementara itu, AKBP Irwan Andy Purnamawan menyampaikan semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang bahagia.

“Alhamdulillah proses acara pernikahan lancar, semoga langgeng,” jelasnya. (Red-ST)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Akan SAD Merangin, Kapolres Jadi Saksi Nikah Suku Anak Dalam

Trending Now

Adsen