Positif Uji TCM, Pasien Covid19 Meninggal di RS Permata Hati

Iklan

Positif Uji TCM, Pasien Covid19 Meninggal di RS Permata Hati

Suaratebo
Selasa, 15 September 2020 | 15.9.20 WIB

Suaratebo.net, Bungo - Satu orang pasien yang dinyatakan positif uji TCM berinisial S warga Kelurahan Manggis Kabupaten Bungo, Jambi, meninggal dunia di rumah sakit Permata Hati, Selasa (15/9) sore.

Juru bicara tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Bungo, dr. Safaruddin Matondang menyebutkan pasien yang baru dirawat satu hari ini sampel uji swab (PCR) belum keluar.

"Memang benar, positif uji TCM. Tapi kalau uji PCR belum keluar. Biasanya kalau positif TCM, kemukinan positif juga uji PCR. Kalau uji RDT pasien kemaren malahan negatif ," ucap Safaruddin, Selasa malam.

Dijelaskannya, meskipun dari tes TCM positif, namun pasien tetap belum bisa disebut positif sebelum keluar hasil tes PCR. Karena bisa saja tes PCR berbeda dengan hasil tes TCM pasien.

"Sebelum keluar hasil PCR keluar, kita belum bisa menyebutkan pasien itu positif covid-19, karena kita baru bisa menyebutkan pasien positif tes TCM ," katanya.

Safaruddin menyebutkan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait pemakaman. Dimana pasien akan dimakamkan sesuai protokol covid-19.

"Kita sudah berkoordinasi juga dengan pihak Provinsi Jambi. Pemakaman wajib dengan protokol kesehatan. Ini masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial ," sebutnya.

Dikatakannya, mengetahui pasien positif, tim gugus tugas langsung melakukan tracking sesuai riwayat perjalanan pasien dan orang - orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

"Kita sudah melakukan tracking. Orang - orang yang pernah kontak dengan pasien akan di uji RDT dan juga PCR. Rabu (16/9) akan kita gelar konferensi persnya ya ," tutup Safaruddin. (Red)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Positif Uji TCM, Pasien Covid19 Meninggal di RS Permata Hati

Trending Now

Adsen