JOIN Sukses Menggelar Pelatihan Jurnalis Bersama Polres Bungo

JOIN Sukses Menggelar Pelatihan Jurnalis Bersama Polres Bungo


Suaratebo.net – Puluhan wartawan Tebo tergabung dengan wartawan Bungo ikuti Pelatihan Jurnalistik yang prakarsai oleh Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Jambi yang bekerja sama dengan Polres Bungo pada Rabu (05/08/2020) yang dilaksanakan d Aula Mapolres Bungo.

Dalam kegiatan Pelatihan Jurnalis yang dibuka langsung oleh Bupati Bungo H. Mashuri yang diwakilkan oleh Asisten II, H. Syaiful Azhar, juga dihadiri oleh Kapolres Bungo AKBP. Trisaksono Puspo Aji, Dandim 0416/ Bute, Kadis Kominfo, Sekjen PWI Jambi beserta romobongan dan 35 orang peserta pelatihan yang tergabung dari Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Merangin.

Dalam kegiatan ini Asisten II H. Syaiful Azhar mensuport penuh segala rangkaian acara yang diselenggarakan oleh JOIN, selain bermanfaat juga mampu menjadikan seorang jurnalis menjadi penulis yang bijak dan profesional dan menghasilkan produk jurnalis sesuai fakta dan berimbang.

“Kami sangat mensuport kegiatan yang dilakukan oleh JOIN, ini sangat bermanfaat serta menambah pengalaman bagi jurnalis itu sendiri, hingga menciptakan jurnalis yang profesional dengan produk tulisan sesuai fakta serta berimbang” ujarnya saat membuka acara.


Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji, S.I.K memberikan apresiasi kepada JOIN yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di Aula Mapolres Bungo, ia menyampaikan bahwasanya media merupakan mitra Polri, seseorang tidak akan pernah mengetahui kegiatan orang lain, kecuali kegiatan tersebut di publikasi oleh media, sekalipun dia orang besar, iapun menyambut dengan senang kegiatan pelatihan jurnalis tersebut.

“Kita sangat apresiasi apa yang telah dilakukan oleh JOIN atas kegiatan Pelatihan Jurnalis ini, karena seseorang tidak akan dikenal luas tanpa adanya publikasi dari media, maka dari itu media tetap menjadi mitra Polres Bungo dalam melakukan peliputan dan publikasi, karena selama ini kita tetap menjaga kemitraan bersama media” sebut Kapolres Bungo dengan semangat.


Kegiatan Pelatihan Jurnalis yang diisi langsung oleh Sekretaris PWI Jambi Hery Farmansyah, mendukung penuh kegiatan yang dilakukan JOIN bersama Polres Bungo, saat memberikan materi, Hery terilhat sangat akrab dan antusia dalam membekali peserta pelatihan menjadi penulis yang professional serta menghasilkan karya jurnalistik yang professional pula, dan ia berharap semua wartawan yang hadir pada kegiatan Pelatihan Jurnalis, jika nanti diadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) silahkan mengikutinya, Hery juga menjelaskan secara Organisasi Dewan Pers tetap membela wartawan yang dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), undang – undang pers juga melindungi semua pekerja Pers, selama produk yang dihasilkan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Saya menyambut positif kegiatan yang dilakukan JOIN bersama Polres Bungo, kita berharap kegiatan ini mampu menciptakan jurnalis yang professional dan produk jurnalistik yang professional juga, ketika Jurnalis digadapkan dengan sengketa pers maka Secara Organisasi Dewan Pers akan tetap melakukan pembelaan terhadap wartawan, dan didalam undang – undang pers wartawan tetap dilingungi selagi produk jurnalisnya sesuai dengan kode etik jurnalistik, ketika didalam ranah hukum tetap mengacu kepada pendapat Dewan Pers” jelasnya

Hery juga menitipkan pesan kepada Pemerintah Daerah baik Bungo maupun Tebo, agar dapat menjaga kemerdekaan pers dengan memudahkan kegiatan pers, hal ini akan memberikan dampak positif bagi pemerintah, apalagi kegiatan pelatihan seperti yang dilakukan saat ini.

“Kita berharap kepada Pemerintah untuk tetap menjaga kemerdekaan pers, dengan mempermudah kegiatan jurnalistik, dimana hal ini juga akan berdampak positif bagi pemerintah tersebut” jelasnya.

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalis sangat diminati oleh para jurnalis, hal ini terlihat dari kegiatan yang selenggarakan oleh JOIN bersama Polres Bungo, bahkan para awak media sangat terlihat aktif saat dibuka sesi diskusi bersama Sekjen PWI, tidak itu saja para awak media juga berharap agar segera dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) baik itu di Bungo, Tebo maupun Provinsi Jambi.

“Mudah – mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa menyelenggarakan UKW, karena banyak awak media yang menantikannya, karena untuk mendapatkannya tidak segampang yang kita kira, dengan diawali pelatihan seperti ini kita juga berharap PWI juga mempermudah para jurnalis bisa mengikuti UKW tersebut” tutup Zek nama sapaannya selaku ketua pelaksana Pelatihan Jurnalis. (HS-ST)