Polres Tebo Gelar Apel Deklarasi Pencanangan Bersama Tangguh Nusantara

Polres Tebo Gelar Apel Deklarasi Pencanangan Bersama Tangguh Nusantara

Suaratebo, net. Tebo - Dipusatkan dilapangan Apel Mapolres Tebo, Selasa (16/6/2020), pukul 09.30 wib. Polres Tebo bersama pemerintah Kabupaten Tebo dan unsur Forkompinda , mengelar apel  Deklarasi Pencanangan Bersama Tangguh Nusantara (Desa Tangguh Karhutlah, Desa Tangguh Pangan dan Desa Tangguh Narkoba) dengan tema "Tertib, Aman, Nyaman, Guyub, Gembira, Unggul, Harmoni) Polres Tebo, Forkopimda Kab Tebo, Desa Binaan, Perusahaan Mitra".
Kegiatan ini merupakan sinergitas Forkompinda, pemerintah Kabupaten Tebo dan  perusahaan mitra diwilayah Tebo. Untuk   kemandirian di masa pandemi covid 19, menuju persiapan New Normal Life dan Pesta demokrasi Pilgub Jambi 2020, melalui kearifan lokal.

Kapolres Tebo AKBP  Abdul  Hafidz S.I.K, mengatakan Apel Deklarasi Pencanangan Bersama Tangguh Nusantara ini untuk kesiapan menuju New Normal Life dan Pilgub di Kabupaten Tebo. Adapun  Komitmen Bersama dan Pakta Integritas yang digabungkan,  yakni: 1. Fokus pembentukan desa tangguh di Kabupaten Teno  yakni Karhutla, Pangan dan Narkoba. 2. Tangguh (Tertib, Aman, Nyaman, Guyup, Gembira, Unggul dan Harmoni). Dan ke 
3. Kabupaten Tebo   menunjuk  tangguh karhutla berada di kawasan kecamatan  Sumay (5 desa), tangguh pangan di 11 kecematan  yang  berada di 11 desa, tangguh narkoba di 1 desa kecamatan  Tebo Tengah.

Dalam sambutan Bupati Tebo H Sukandar menyampaikan tujuan  perlunya persiapan dalam menghadapi "new normal". Untuk itu Pemkab dan Polres Tebo bersinergi untuk pencanangan pembentukan desa tangguh nusantara.

"Bersama Pemerintah Tebo dan Polres Tebo mencanangkan desa tangguh nusantara (karhutla, pangan, dan narkoba) dalam rangka kesiapan menuju New Normal Life yang nantinya tersebar di setiap kecamatan" jelas beliau.

"Kita minta semua kita berkomitmen untuk mengurutkan semua harapan kita bersama.  Itu untuk kesejahteraan, enyamanan Masyarakat," fungkas bupati.

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak sebagai Pimpinan Apel  Bupati Tebo H. Sukandar dan Komandan Upacara Kasat Sabhara Polres Tebo AKP Wibisono, SH. Kegiatan dihadiri,   Ketua DPRD  Tebo Mazlan, Dandim Bute 0416 Letkol. Inf. Widi Rahman, SH, M. SI, Kajari Kab Tebo M. Yusuf Tagai SH, MH ,Kepala Pengadilan Negeri Tebo Armansyah Siregar SH , MH ,Ketua Pengadilan Agama Kab Tebo, Waka Polres Tebo KOMPOL Mamit  Suargi, S. Pd. Para Kades Perwakilan, Pimpin Pondok Pesantren, Kepala Perusahaan dan Tamu undangan.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis alat pendukung dan bantuan sembako sebagai berikut : Penyerahan secara simbolis kepada Perwakilan Desa Tangguh Nusantara Karhutlah  untuk 5 desa meliputi, Kades Tuo Sumay,  Kades Teriti,   Kades Semambu,   Kades Suo-suo, dan  Kades Muara Sekalo.

Penyerahan secara simbolis kepada perwakilan Desa Tangguh Nusantara Pangan, untuk 11 desa antaranya,  Desa Teluk Rendah Pasar, Sungai Jernih  Lurah Wirotho Agung,  Melako Intan,  Sumber Sari, Kuamang, Sari Mulya, Napal Putih,  Muara Kilis,  Sungai Karang, dan  Desa Mangun Jayo. 

Untuk Penyerahan secara simbolis Desa Tangguh Nusantara Narkoba, kepada Desa Mangun Jayo. Penyerahan Bansos kepada perwakilan Organisasi Mahasiswa dan Organisasi Masyarakat, antaranya 
HMI, PMII,   Gerakan Pemuda Ansor dan   Fatayat NU. Terakhir Penyerahan Bantuan Sosial berupa Beras kepada ,  Ponpes Al Azizi,  Ponpes Walisongo,  Ponpes Al Kautsar,  Ponpes Maskhaul Fattah dan Ponpes Nurul Jalal.

Pemberian penghargaan kepada Perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam rangka menciptakan Desa Tangguh Nusantara Karhutlah, Pangan dan Narkoba diperuntukkan kepada, PT. RAU (Desa Tangguh Nusantara Karhutlah).  PT. LAJ (Desa Tangguh Nusantara Pangan) dan PT. WANAMUKTI (Desa Tangguh Nusantara Pangan).(Ns-ST)