Aktivitas PETI di Dusun Pematanglalang Diduga di Bekingi Oknum Polisi

Aktivitas PETI di Dusun Pematanglalang Diduga di Bekingi Oknum Polisi

Para Pekerja Saat Melakukan Aktivitas Penambangan

Suaratebo,net. Batanghari - Warga kembali diresahkan dengan adanya aktivitas penambang emas tanpa izin (PETI) di Rt.1, Dusun Pematanglalang, Desa Pasar Terusan Kec. Muara Bulian, Kab. Batanghari yang kembali beroperasi bebas.

Aktivitas penambang ilegal yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun tersebut diduga dibekingi oknum polisi. Pasalnya, pada saat dilakukan razia selalu bocor. Kuat dugaan ada oknum polisi yang bermain.

Meskipun sudah berkali-kali dilakukan razia, hingga kini polisi belum menangkap para pelaku penambang. Para pekerja yang merupakan warga Desa danau embat, Kecamatan Muara Sebo Ilir itu masih terus melakukan aktivitasnya secara terang-terangan.

Terkait aktivitas tersebut, Kaprawi yang merupakan warga Desa Pasar Terusan mengaku bahwa aktivitas tersebut sangat merusak lingkungan dan mencemari air sungai Batanghari.

" sangat disayangkan tidak ada tindakan dari penegak hukum terkait aktivitas yang sudah meresahkan warga tersebut. Dan lebih disayangkan lagi adanya kabar oknum polisi yang bermain," kata Kaprasi saat dikonfirmasi, Rabu (17/06/2020).

Ditanya terkait dampak lingkungan, dirinya mengatakan bahwa selain merusak alam dan mencemari air sungai, didekat lokasi penambangan banyak perkebunan warga yang tergerus ke sungai. Jika terus biarkan, 2 tahun kemudian sawah dan pemakaman umum warga di dekat lokasi penambangan ikut terancam.

"Saya selaku warga desa pasar terusan meminta agar penegak hukum menghentikan aktivitas tersebut secara permanen," pungkasnya. (ST,Zie)