Kenapa Dianjurkan Berjemur, Ini Penjelasan dr. Tan Shot Yen

Iklan

Kenapa Dianjurkan Berjemur, Ini Penjelasan dr. Tan Shot Yen

Suaratebo
Sabtu, 04 April 2020 | 4.4.20 WIB


Suaratebo.net – Berbagai macam cara yang dilakukan orang untuk menangkal virus corona, mulai menjalankan tradisi dari masing – masing daerah yang gunanya untuk menolak wabah hingga berjemur dibawah sinar matahari, selama 1 bulan terakhir viral di beberapa jika berjemur dibawah sinar matahari akan membunuh bakteri covid-19, ternyata pemahaman tersebut adalah Hoax.
“Begini penjelasnnya! Yang dibutuhkan untuk tubuh dari paparan sinar matahari adalah sinar ultraviolet B yang mengandung Vitamin D3, Vitamin D3 yang baik dan dianjurkan adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari, dengan berjemur dibawah sinar matahari yang akan memancarkan sinar ultraviolet B akan menembus jaringan kulit, bersama dengan kolestrol dibawah kulit akan membentuk  Vitamin D3, dan akan membentuk kekebalan tubuh pada manusia, jadi tidak semua yang namnya kolestrol itu jahat, sinar ultraviolet B muncul pada saat sinar matahari tinggi, namun satu keuntungan bagi Indonesia yang berada di bawah garis khatulistiwa, pada pukul 10.00 di Indonesia kita bisa berjemur dan saat itu gelombang sinar ultraviolet B sudah ada, dan gelombangnya juga pendek” sebut dr. Tan Shot Yen.
Perlu diingat tidak dianjurkan berjemur terlalu lama, karena gelombang ultraviolet B tidak terlalu lama, bisa – bisa sinar ultraviolet A yang masuk, sinar ultraviolet A gelombangnya sangat panjang dan tidak baik untuk kesehatan, Ultraviolet A yang gelombangnya sangat panas bisa menyebabkan kangker kulit bahkan bisa mempercepat keriput pada kulit.
Benarkan Berjemur Membunuh Covid-19, Ternyata Tidak !
Berjemur tidaklah membunuh virus covid-19, kenapa karena covid-19 menginfeksi bagian dalam tubuh kalaupun ada bakterinya diluar tubuh, virus tersebut tidak akan mati begitu saja, itulah kenapa orang terdahulu untuk mensterilkan perkakas dapurnya dengan air mendidih dengan suhu diatas 1000C, jadi intinya kita disuruh berjemur adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh yakni menyerap Vitamin D3, dengan meningkatnya kekebalan tubuh maka virus sulit menyerang tubuh manusia.
Penjelasan tersebut diatas dikutip dari penjelasan dr. Tan Shot Yen, merupakan Ahli Gizi yang diunggah di youtube oleh chanel youtube Henry Remanlay
Pada dasarnya berjemur sangatlah baik untuk mendapat asupan vitamin D3, karena mendapatkan vitamin D3 tersebut lebih baik dari sinar ultraviolet B.
Memutus dan Bagaimana Penularan Covid-19 ?
Cara yang sangat dianjurkan oleh dokter adalah dengan mengurung diri dirumah, tidak mengajak orang berkumpul diluar rumah, jika tidak mendesak, penting dan urgent jangan keluar rumah, tentnunya hal ini ada alasannya, masa incubasi covid-19 adalah 14 hari, setelah 14 hari baru akan muncul dampak dari covid-19 tersebut. Contohnya kita sebut saja A berinteraksi dengan orang yang positif covid-19, reaksi akan muncul pada A setelah 14 hari, akan terlihat gejala – gejalanya, pada hari 1 hingga hari 14 si A belum menyadari bahwa ia telah terpapar covid-19, di hari ke 15 gejala mulai bermunculan dan dinyatakan positif baru dilakukan isolasi, pertanyaannya ? bagaiamana orang – orang yang berinteraksi dengan A pada hari ke 1 sampai 14, orang yang berinteraksi dengan si A selama masa incubasi dipastikan tertular, positif atau tidaknya tentunya menunggu selama masa incubasi berlalu yakni 14 hari, baru ketahuan orang yang berinteraksi dengan si A positif covid-19 atau tidak, begitu juga dengan si A tadi positif atau tidaknya ditentukan setelah masa incubasi, jadi apa sekarang anda masih belum mau mengurung diri ?
Mulai dari sekarang mari sama – sama kita melawan covid-19, agar wabah ini segera berlalu, karena sangat besar dampak yang dirasakan oleh masyarakat bukan sebatas penyakit saja, melainkan ekonomi, kalua sudah ekonomi masyarakat anjlok, penyakit – penyakit lain akan berdatangan, baik penyakit medis, tidak menutup kemungkinan penyakit masyarakat akan bermunculan karena himpitan ekonomi yang luar biasa. (Red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenapa Dianjurkan Berjemur, Ini Penjelasan dr. Tan Shot Yen

Trending Now

Adsen