google-site-verification=bB-X4z6_xXeI72_wdRL6X4bzdLSoAXLWxU0FGIIw1so Dinkes Tebo Waspadai Penyebaran Penyakit Saat Musim Kemarau

Dinkes Tebo Waspadai Penyebaran Penyakit Saat Musim Kemarau


SUARATEBO.NET - Sejumlah penyakit akan bermunculan pada saat musim kemarau, Salah satunya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Untuk itu, Dinas kesehatan Kabupaten Tebo menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan penutup mulut saat keluar rumah.

"Banyak penyakit yang muncul saat musim kemarau. Yang lebih sering itu ISPA," Kata Plt. Kepala Dinkes dr. Riana Elisabeth. Saat dikonfirmasi (18/07/2019)

Penyakit ini muncul, lanjut Riana, karena musim kemarau hampir seluruh permukaan tanah mengering dan menimbulkan debu. Sehingga warga yang menghirup debu kemudian bersarang disaluran pernafasan bisa menimbulkan penyakit ISPA.

"Kita minta warga pada saat berpergian harus memakai penutup mulut," pintanya

Selain ISPA, lanjut Riana, penyakit yang sering muncul saat musim kemarau seperti penyakit Diare juga bisa muncul. Pasalnya, warga biasanya mengkonsumsi air yang kurang bersih karena sumur maupun sungai yang mengetik akibat kemarau.

"Kita minta kepada warga jika ada gejala penyakit tersebut untuk secepatnya berobat ke Puskesmas atau Rumah sakit terdekat," jelasnya.

Meski belum ada laporan dari rumah sakit maupun puskesmas terhadap kasus tersebut, Riana kembali menghimbau agar selalu menjaga kesehatan, dan biasakan jangan makan di tempat yang terbuka. (ST,END)