Viostin DS dan Enzyplex Ditarik Dari Peredaran Terkait Kandungannya



Viostin DS dan Enzyplex Ditarik Dari Peredaran Terkait Kandungannya



Suaratebo.net, Muara Tebo, - Sejumlah apotik dan minimarket yang ada di Kabupaten Tebo mendadak didatangi Tim dari Disperindag Kabupaten Tebo, peredaranhal ini terkait kebenaran Viostin DS dan Enzypleka mengandung babi, peredaran obat tersebut cukup banyak di tebo, hari ini (07/02/2018) Disperindagkop mengantisipasi hal tersebut, dan akan menarik peredarannya.
Viostin DS merupakan suplemen bagi penderita gangguan sendi di mana terjadi penipisan tulang rawan pada persendian, dalam splemen tersebut terdapat kandungan senyawa chondroitine sulfat yang merupakan salah satu unsur pembentuk tulang rawan, senyawa tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber, yakni dari tulang rawan sapi atau ikan hiu, termasuk babi. Trace DNA merupakan indicator penanda terhadap komponen yang di duga berasal dari babi.
Namun pada saat melakukan penyisiran di beberapa apotik dan mini market, obat – obatan yang dimaksud tidak ditemukan lagi peredarannya, namun mengenai kandungan didalam obat tersebut dibenarkan oleh Edi Sofyan Kabid Perdagangan Disperindagkop “memang ada sejumlah obat yang dinyatakan BPOM mengandung DNA Babi diantaranya Viostin DS dan Enzyplex” tegasnya.
Saat pengecekan dilakukan pada apotik yang ada di kapubaten tebo, pemilik apotik juga membenarkan dan menyatakan beberapa hari yang lalu produk tersebut sudah tarik kembali oleh suplayernya “memang ada minggu lalu pihak suplayer obat Viostin DS dan Enzyplex datang dan menarik semua obat tersebut” jelas Adi pemilik apotik.
Walaupun penarikan obat sudah dilakukan pihak suplayer Edy akan tetap pantau terus peredarannya, agar tidak kecolongan, dan merugikan pihak yang mengkonsumsi obat tersebut terutama umat muslim. (ST-HS)