Cek Resgistrasi Pupuk, hindari pupuk palsu

Suara Tebo
Cek Resgistrasi Pupuk, hindari pupuk palsu




Jakarta - Muhrizal Sarwini Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian menghimbau kepada petani untuk teliti dalam membeli pupuk, pasalnya sangat banyak pupuk aspal (asli tapi palsu) yang beredar di Indonesia, agar tidak kecolongan petani senantiasa selalu mengecek nomor registrasi pupuk pada karung kemasan di www.pertanian.go.id

“Untuk melihat apakah pupuk tersebut asli atau palsu bisa memasukkan nomor pendaftaran pada www.pertanian.go.id lalu pilih pupuk juga bisa SMS” ungkap Muhrizal seperti yang dikutip oleh www.news.detik.com beberapa hari yang lalu

Saat ini perederan pupuk palsu telah beredar di berbagai daerah yakni Aceh, Kalimantan dan Sumatera, dari pasaran bisa dibedakan melalui harga, jika ditemui harga yang lebih murah sudah bisa dipastikan pupuk tersebut palsu, dikatakannya.

Dia juga mengatakan, secara kasat mata pupuk asli dengan yang palsu sangat susah dibedakan karna bentuk yang sama, namun untuk urea bisa dibedakan melalui aromanya.

Demi mencegah peredaran pupuk palsu, pemerintah juga mengeluarkan pupuk bersubsidi yang bisa dibeli oleh petani yang hanya mempunyai lahan kurang dari 2 hektare tanah. Mereka bisa dapatkan pupuk dengan harga Rp 2.300/ kg dimana harga aslinya Rp. 6.000/ kg.(25/02)
Pos Terkait