Hasil Sayembara, Nama Stadion Tebo Bernama "Sri Maharaja Batu"

Bangzie
Hasil Sayembara, Nama Stadion Tebo Bernama "Sri Maharaja Batu"

Suaratebo. net. Tebo - Setelah melalui proses panjang, akhirnya pemenang sayembara nama stadio Tebo di umumkan. Pemenang sayembara diumumkan oleh pemerintah Kabupaten Tebo pada Selasa (21/12/2021) yang digelar di ruang Setda.

Berdasarkan surat keputusan Bupati nomor 656 tahun 2021 tentang pemenang sayembara nama stadion Kabupaten Tebo, bernama "Sri Maharaja Batu" atau (SMB) yang diusulkan oleh H. Eka Wijaya.

Keputusan tersebut telah melalui proses yang cukup lama baik itu secara administrasi, kelengkapan berkas serta keorisinilan usulan. Usulan tersebut juga sudah melalui proses pengkajian dan penilaian dari tim juri.

"Dari hasil penilaian tersebut, Sri Maharaja Batu ditetapkan sebagai nama Stadion kebanggaan Tebo yang diusulkan oleh H. Eka Wijaya," kata Kadispora, Mardiansyah.

Sementara, Eka Wijaya yang ditetapkan sebagai pemenang sekaligus pengusul nama stadion Tebo menyampaikan bahwa nama Sri Maharaja Batu itu ia ambil dari nama Pahlawan atau kesultanan Jambi yang berdiam di Desa Mangun Jayo.

Menurut Eka Wijaya, Pahlawan Sri Maharaja Batu ini juga merupakan ahliwaris kesultanan Jambi yang melarikan diri karena ada konflik keluarga.

Dari pengasingan tersebut, Sri Maharaja Batu mendirikan kerajaan jambi setelah mendapat wilayah kekuasaan dari kerajaan Pagaruyung yaitu Tujuh Koto, Sembilan Koto dan Muara Tebo. Tiga wilayah tersebut menjadi kekuasaan Sri Maharaja Batu selama 29 tahun.

"Dari situlah saya menggambil filosi dan semangat beliau untuk menamai stadion Tebo bernama Sri Maharaja Batu atau disingkat Rajo Batu," terang Eka Wijaya.

Eka juga menerangkan bahwa Rajo Batu singkatan dari Ramah, Aktif, Jaya, Optimis, Betuah, Arif, Tangguh dan Unggul. (ST, Zie)
Pos Terkait