Kenali Beberapa Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh, Hingga Menjaga Badan Tetap Ideal

Iklan


Kenali Beberapa Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh, Hingga Menjaga Badan Tetap Ideal

Suaratebo
Minggu, 22 Agustus 2021 | 22.8.21 WIB


Suaratebo.net, Tebo - Selain sebagai style yang diminati berbagai kelangan, bersepeda merupakan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan, olahraga bersepeda tidak membebani otot atau persendian, jika sering melakukan olahraga bersepeda apa yang akan terjadi, jika 30 menit saja anda melakukan olahraga bersepeda maka manfaat yang anda dapat adalah :

 

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Bersepeda bias mengoptimalkan kinerja system kardiovaskular yaitu jantung dan pembuluh darah dengan cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh dengan demikian resiko terken stroke, serangan jantung dan tekanan darah tinggi bias dikurangi.

 

Menjaga Berat Badan

Bagi pecandu olahraga sepeda berat badannya akan tetap ideal, hal ini dikarenakan bersepda mampu membakar lemak dan meningkatkan laju metabolism tubuh dengan bersepeda 1 jam anda sudah membakar setidaknya 600 kalori, untuk membuat ini menjadi lebih baik lakukan olahraga ini dengan rutin dengan pola makan bergizi untuk menjaga agar tubuh tidak kegemukan.

 


Menjaga Kesehatan Otot dan Sendi

Dengan bersepeda akan meperkuat otot kaki, bokong, paha, betis, pinggul, perut, lengan dan bahu selain itu bersepeda juga baik untuk persendian dan bermanfaat bagi penderita osteoarthritis (penyakit radang sendi).


Menurunkan Stres

Bersepeda selain untuk kesehatan badan, juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran, dengan bersepeda akan mampu mengurangi stress karena dengan bersepeda akan menurunkan kadar hormon stress seperti adrenalin dan kortisol didalam tubuh.


Menurunkan Resiko Diabetes dan Kanker

Salah satu manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena bersepeda dapat menjaga kestabilan produksi hormon insulin dalam tubuh.

Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker payudara.

Namun walapun demikian ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan olahraga bersepeda, diantaranya tetap menggunakan pengaman seperti pelindung kepala, siku dan lutut, pastikan bersepeda minimal bersama teman jangan sendirian guna mencegah hal yang tidak diinginkan, yang utama adalah jaga sikap saat berkendara di jalan raya, utamakan keselamatan anda dan orang lain.

Manfaat bersepeda sudah banyak dirasakan oleh beberapa pesepeda yang memang hobinya bersepeda, seperti yang disampaikan oleh Jawir Hafizi Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Tebo mengatakan, dengan bersepeda badan menjadi sehat dan bugar.


“Banyak sekali manfaat bersepeda, yang pasti badan menjadi sehat dan bugar, selain itu dengan bersepeda kita juga terhidar dari penyakit – penyakit yang berhaya, dan dengan bersepeda juga dengan sendirinya menambah relasi dan sebagai refresing bagi kita sendiri yang bermanfaat untuk pikiran dan jauh dari stress” Jelas Jawir saat dikonfirmasi. (HS-ST)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenali Beberapa Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh, Hingga Menjaga Badan Tetap Ideal

Trending Now

Adsen