Iklan

Daerah Penyebarannya Tinggi Prioritas Distribusi Vaksin, Vaksin Aman, Minim Efek dan Halal

Suaratebo
Sabtu, 26 Desember 2020 | 26.12.20 WIB Last Updated 2020-12-26T05:22:49Z


Suaratebo.net, Jakarta – Menjamin kesedian dan jalannya distribusi vaksin covid19, Pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait distribusi vaksin covid19 berjalan lancer, pernyataan ini di katakana oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof. Wiku Adisasmito, seperti yang di rilis official website covid19.go.id pada Selasa (15/12/2020).

Wilayah yang resiko penularannya tinggi menjadi prioritas utama pendistribusian vaksin covid19, terkait uju klinis vaksin Sinovac saat inipun masih terus berlangsung dilakukan oleh Universitas Padjajaran dan PT. Bio Farma, uji tersebut dilakukan untuk melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi, untuk hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya emergency use of outhorization (EUA).

 

Sementara terkait vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman, adalah kandidat vaksin yang akan digunakan mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Ditargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, diharapkan izin edar dapat dikeluarkan tahun 2021. "Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," sebut Wiku dalam rilisan covid19.go.id, Kamis (24/12/2020) yang juga disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Hingga saat ini pemerintah terus gencar – gencarnya melakukan edukasi atas pentingnya vaksinasi dalam mengatasi pandemi covid19 agar kekebalan imunitas semakin mudah tercapai.

“Pemerintah memastikan vaksin yang digunakan nanti aman, berkhasiat, minim efek dan pastinya halal” tambahnya. (Red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Daerah Penyebarannya Tinggi Prioritas Distribusi Vaksin, Vaksin Aman, Minim Efek dan Halal

Trending Now

Iklan