Tumenggung Ngadap, Buah Hutan Untuk Anak Cucu

Tumenggung Ngadap, Buah Hutan Untuk Anak Cucu

Suaratebo.net, Tebo - Sebanyak 500 batang bibit pohon buah-buahan langka asli hutan Bukit Taman Nasional Bukit 12 di Sungai Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Tabir, Kabupaten Tebo, sukses ditanam  di komplek taman  perkantoran bupati KM Pal 12 Tebo. Acara penanaman, Jumat (17/7/2020). Dalam rangka hari Lingkungan Hidup sedunia  dan siaga Karhutla memasuki musim kemarau 2020.
Tumenggung Ngadap dalam sambutannya, menyampaikan dimana tanaman ini diambil dari hutan langsung, disemai dan dibagikan kepada masyarakat.
"Biarlah batang dengan kami, anaknyo kamu ambil dan ditanam ditempat kamu. Lah besak besok untuk anak cucu kamu galo," ungkap Tumengung.

Ia juga menyampaikan, minta kepada pemerintah sebagai bapak tepat sukunya mengadu, memohon bersama sukunya untuk menjaga hutan. Bila hutan dihancurkan Mako dak selamat masa depan anak cucu.

" Kalau hutan dak ado terjadi panas, bilo hujan jugo banjir. Anak cucu kito nanti dak selamat. Tolong Basamo kito jago hutan," ajak Tumengung Ngadap saat proses penanaman  pohon.

Sementara Bupati mengatakan, mewakili pemerintah daerah sangat menyambut baik kreatifitas dari rekan Yayasan ORIK Tebo. Ia meminta program ini berkelanjutan. bersama Forkopimda juga berkomitmen bakal melestrikan keanekargaman bibit pohon buah asli hutan Tebo.

" Kami minta semua OPD, camat ,sampai ke desa. Agar bisa menanam pohon rimba ini. Tujuan untuk anak cucu kita nanti," ungkapnya.

Sukandar juga, menyampaikan bibit langka ini juga sudah dilirik oleh kabupaten tetangga dan pihak provinsi.

Ketua yayasan ORIK Tebo Ahmad Firdaus mengatakan, bibit pohon buah-buahan langka ini diambil langsung suku SAD dan dilakukan penyemaian oleh yayasan ORIK. Penanaman perdana ini terdapat empat jenis antaranya,
Durian Daun, Tampui, Tempunek, dan  Kuduk Kuyak. 

" Bibit langsung dicari warga SAD dibawah binaan kita. Kemudian lakukan penyemaian" tutur Fir.

Hadir saat acara penanaman, Bupati dan Wabup Tebo, Sekda, Kapolres, Dandim 0416 Bute, Kejaksaan, para kepala OPD, komunitas motor, PP dan tamu undangan lainnya.(Ns-ST)