Antisipasi Karhutlah, Polres Tebo Patroli Dan Sambangi Warga Pemilik Kebun Diwilayah Rawan Karhutlah

Antisipasi Karhutlah, Polres Tebo Patroli Dan Sambangi Warga Pemilik Kebun Diwilayah Rawan Karhutlah

Suaratebo.net, Tebo - Untuk mengnntisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau ini. Segenap jajaran Polres Tebo melaksanakan patroli hutan terpadu bersama petugas kehutanan, petugas penjaga batas, tim relawan bentukan perusahaan, TNI selama 15-30 hari, Sabtu (18/07/2020).
Patroli sendiri sasaran lokasi rawan karhutla, dengan mendatangi langsung para pemilik lahan, memberikan selebaran peringatan untuk tidak membakar, sosialisasi ke masyarakat desa sekitar.
Kapolres Tebo AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, menerangkan kegiatan Patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan dengan pembukaan lahan dengan cara dibakar terlebih dimusim kemarau saat ini.
kegiatan patroli bersama ini, digelar dengan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat yang ditemui langsung oleh Tim, dimana Tim menghimbau kepada masyarakat pada saat membuka lahan kebun jangan dengan cara membakar sehingga terjadi Karhutlah.
"Kami minta masyarakat paham, jika masih nekat membuka lahan dengan cara dibakar akan berakibat terkena ancaman hukuman UU No 18 tahun 2013, tentang kebakaran hutan dan UU no 32 tahun 2009, tentang lingkungan hidup dengan ancaman penjara 10 tahun dan denda 10 Milyar serta merusak alam dan lingkungan,"jelas Kapolres.
Kapolres juga mengajak segenap keseluruhan lapisan masyarakat untuk ikut perduli dalam menjaga kelestarian alam, ikut melaksanakan gerakan penghijauan terhadap lahan tidur yg tidak perpenghuni atau bekas terbakar.
"Mari manfaatkan lahan tidur dan bekas terbakar untuk kembali kita lestarikan, berupa gerakan penghijauan diwilayah tersebut," ajak Kapolres. (Red-ST)