Ziadi; Agar Masyarakat Bisa Terapkan B2SA

Ziadi; Agar Masyarakat Bisa Terapkan B2SA


Suaratebo.net – Sukses menggelar kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumberdaya lokan Dinas Tanaman Pangah Horikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo bersama PKK Kabupaten Tebo.

Kegiatan B2SA tidak lain untuk memotivasi masyarakat dalam menggali potensi lokal yang ada khususnya di Kabupaten Tebo, agar muncul ide – ide baru untuk panganan lokal.

Melaui kegiatan B2SA inipun Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si menghimbau para perangkat daerah untuk mendukung kegiatan tersebut “Saya menghimbau kepada para Camat dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tebo yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di kabupaten tebo, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan. Terutama dalam menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global” Ungkapnya 

Bupati Tebo juga memberikan Apresiasi dan Penghargaan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Tebo serta Instansi terkait yang telah berpartisipasi dalam acara B2SA. 

Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Saniatul Lativa, SE, MM mengajak Tim Penggerak PKK Kabupaten Mapun Kecamatan turut mengali, menciptakan memberikan pemahanam dan lainnya kepada masyarakat.
“Dengan digelarnya lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal pada hari ini, saya berharap kepada Tim penggerak PKK Kabupaten maupun Kecamatan untuk ikut dalam menggali potensi pangan sumber karbohidrat non beras berbasis sumber daya lokal yang berasal dari seluruh kabupaten tebo, menciptakan dan mengembangkan variasi menu B2SA dari resep menu makanan khas kabupaten tebo sehari - hari yang sesuai selera makan masyarakat, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup serta membangun membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang” Paparnya dengan.

       Kegiatan B2SA yang diikuti seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Tebo dan Kecamatan Se Kabupaten Tebo memiliki beragam olahan pangan lokan yang ditampilkan, baik dari umbi – umbin, sayuran bahkan ikan. Hal ini dilakukan agar masyakarat terbiasa dengan olahan pangan lokal lebih detalinya lagi seperti yang dijelaskan oleh Plt. Kepala Dinas TPHKP M. Ziadi, SP, M.Si.

“Kita berharap dengan diselenggarakannya lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam bergisi seimbang dan aman ini mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasisi sumber daya lokal serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi  aneka ragam jenis pangan dengan porsi yang seimbang” ungkap Ziadi mengakhiri sesi pertanyaan saat dikonfirmasi diraungannya (28/2).