Bisa Mematikan, Dikhawatirkan Februari Mewabah

Bisa Mematikan, Dikhawatirkan Februari Mewabah



Suaratebo.net  -  Waspada dengan serangan serangan penyakit Demam Bardarah, di Kabupaten Tebo, pasien yang terjangkit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti mengalami kenaikan pada bulan Oktober sampai Desembar 2018 lalu, namun pada bulan November merupakan puncak terbanyak pasien yang menderita demam berdarah.

Dikawahatirkan pada bulan Februari ini serangan nyamuk Aedes Aegypti kembali mewabah, pasalnya jika melihat kondisi cuaca khususnya di Kabupaten Tebo sering diguyur hujan, akan mempermudah nyampuk Ades Aegypti berkembang biak dengan cepat. (02/02/2019)

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Donal, Sp.PD saat dikonfirmasi diruang prakteknya, menjelaskan “Memang benar bulan Februari ini cuaca tidak bisa dipastikan, lebih banyak hujan dari pada cerah, kita khawatir jika terjadi hujan terus menerus bisa meningkatkan angka penderita penyakit Demam Berdarah, karena sebelumnya kejadian ini terjadi di kabupaten tebo pada tahun 2018 lalu, tebo mengalami wabah demam berdarah ada bulan November 2018 dengan jumlah penderita lebih dari 50 orang, walau demikian tidak ada menimbulkan korban jiwa” jelasnya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui diantara ciri – ciri yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit demam berdarah salah satunya adalah demam tinggi yang secara tiba – tiba disertai dengan manifestasi bintik – bintik merah pada kulit, sebelum berkembangnya wabah ini ada baiknya kita lakukan pencegahan berkembangnya nyamuk aedes aegypti dengan cara memberantas sarang nyamuk, jentik nyamuk dan melakukan fogging terhadap nyamuk dewasa, agar tidak berkembang biak.

Dr. Donal, juga menambahkan bahwasanya “saat ini di Kecamatan Rimbo Ulu sedang mewabah penyakit demam berdarah, jangan sepelekan demam berdarah, hal ini bisa menyebabkan kematian apabila lambat ditangani dan apabila pasien tidak mampu melewati fase kiris dengan baik, sebab virus ini beraksi merusak celah antarsel di pembuluh darah” tambahnya lagi.

Namun, bukan berarti nyamuk Aedes aegypti tidak bisa berkembang biak di dalam ruangan atau menggigit di malam hari. Nyamuk demam berdarah paling aktif mencari mangsa sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Atau bisa juga menggigit pada malam hari di lokasi berpenerangan baik, lebih baik mencegah dari pada mengobati.