Haryono Akan Menggugat ke Kecamatan

Haryono Akan Menggugat ke Kecamatan



Suaratebo.net, Sarolangun - Haryono yang maju sebagai Calon Kades nomor urut 1 di Desa Payo Lebar Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi,  berencana akan melakukan gugatan terkait hasil pilkades, menurutnya ada kecurangan terhadap suara yang di proleh lawan pilkadesnya tersebut.

"Iya jika tidak ada halangan besok saya akan melaporkan hasil pilkades di Desa saya ini ke pihak Kecamatan, sebab saya menduga ada indikasi kecurangan yang di lakukan oleh panitia pilkades terhadap diri saya sendri" tegas Haryono, saat ditemui di Singkut. (01/08).

Haryono mengaku telah mengantongi bukti dan, beberapa indikasi kecurangan yang dilakukan oleh panitia, namun dia berkomitmen akan tetap menjunjung tinggi aturan dalam melakukan gugatan tersebut dengan sesuai prosedur pengaduan.

"Pertama kami menemukan Selisih antara perifikasi data dengan suara hasil akhir tidak sama, bayangkan dari jumlah DPT 4.189, tidak hadir 1.487, sementara hasil akhir 2.717, di hitung selisih 18 suara, itu yang akan kita pertanyakan" Jelasnya

Selain itu ia juga mengatakan bahwa ia juga menemukan warga yang dapat undangan memilih, namun NIKnya telah di pakai, tetapi di pakai kembali oleh orang lain. 

"Kita juga menemukan warga yang mendapatkan undangan memilih namun NIK sudah di pakai oleh orang lain dan secara otomatis tidak bisa memilih, kemudian NIK di surat undangan tidak sama dengan NIK yang ada di DPT " jelasnya lagi.

Selain itu banyak juga banyak warga yang tidak mendapat undangan untuk hak pilih padahal warga tersebut asli penduduk setempat.

"Banyaknya masyarakat yang tidak mendapat surat undangan atau tidak terdaftar di DPT padahal mereka masyarakat asli berdomilisi disini dan memiliki KK dan E - KTP, Santri pondok pesantren Alfatah di suruh memilih, padahal ada dugaan santri tersebut bukan orang asli setempat, bukan masalah kalah menang, jika pemilihan ini benar – benar jurdil kita siap menerima kekalahan, tapi ini banyak sekali kejanggalan yang terjadi" tutupnya. (Qq)