Fenomena Blood Moon

Fenomena Blood Moon



Suaratebo.net – Sedang dinanti – nanti kehebohan Super Blood Moon viral di berbagai medsos bahkan, kenapa fenomena Super Blood Moon sangat buming dalam pecan ini, berbeda dengan Super Blue Moon alias Super Moon kalau didefenisikan merupakan kemunculan Bulan terdekat dengan bumi sehingga penampilan bulan lebih besar dari biasanya, hal ini akan terjadi 152 tahun sekali, namun kali ini berbeda Super Blood Moon, dimana Fenomena Super Blue Blood Moon bertepatan dengan Gerhana Bulan Total, yang mana posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus. Fenomena Gerhana Bulan Total dapat dilihat dari sebagian besar wilayah Indonesia. Fenomena ini merupakan fenomena langka karena akan terulang 36 tahun jadi sangat disayangkan bila anda tidak melihat dan menikmati keindahan Super Blood Moon ini.
Menurut keterangan yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana mulai pada pukul 00:13 WIB. Gerhana total mulai pukul 02:29 WIB dengan puncak gerhana pada 03:21 WIB. Gerhana total berakhir pada 04:13 dan keseluruhan proses gerhana selesai pada 06:30 WIB.
Sementara penyebab terjadinya gerhana 28 Juli 2018 terjadi tidak lama setelah bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi, yang dikenal sebagai titik apoge. BMKG memperkirakan, 14 jam sebelum puncak gerhana terjadi, titik apoge akan sejauh 406.223 km. Ketika puncak gerhana berlangsung, jarak Bumi - Bulan lebih dekat sekitar 270 km daripada saat apoge, atau menjadi sejauh 405.953 km. 

Selain itu gerhana bulan juga terjadi Juli 2018 ini dikarenakan, bumi sedang berada pada titik terjauhnya dari matahari (aphelion). BMKG mencatat, pada 6 Juli 2018, sekitar pukul 23.47 WIB, jarak bumi dengan matahari akan mencapai titik terjauhnya, yakni 152 juta km. Sementara saat puncak gerhana itu berlangsung, jarak bumi-matahari lebih dekat sekitar 184 ribu km daripada saat aphelion, atau menjadi sejauh 151,8 juta km.
Jadi jangan lupa ya tidur dulu nanti malam, trus bangun pada dinihari, dan saksikan Super Blood Mood.

Jika Malas Keluar ini Link Streaming Blood Moon : Live Streaming Blood Moon