Masih Terbilang Baru, KADODAHSAT Sangat Dinantikan

Suara Tebo
Masih Terbilang Baru, KADODAHSAT Sangat Dinantikan

Suaratebo.net. Muara Tebo – Masih terbilang masih belia Komunitas KADO DAHSAT (KD) Tebo sangat diantikan kehadirannya, Komunitas KADO DAHSAT berdiri pada tanggal 01 Desember 2017 yang dibentuk oleh H. Muhammad Eka Wijaya, SP, M.Si yang juga pensiunan ASN, juga Dosen di Salah Satu Perguruan Tinggi di Muara Bungo.

Yang menjadi pertanyaan, apa sebenernya KADO DAHSAT (KD) ini, singkatnya  KD merupakan komunitas sukarela yang siap menyumbangkan darahnya bagi yang membutuhkan, karena selama ini sudah menjadi rahasia umum kalau  kebutuhan darah bisa menjadi bisnis ratusan rribu rupiah, dengan adanya bisnis tersebut, hal ini pulalah yang mendesak terbentuknya KD.

Hal ini dibenarkan oleh pencetus Komunitas KADO DAHSAT H. Muhammad Eka Wijaya, SP, M.Si “Banyak faktor yang membuat KD ini dibentuk, salah satunya  bisnis jual beli darah, melihat kondisi keluarga – keluarga pasien yang membutuhkan darah namun tidak ada dana untuk membeli darah, atas dasar ini kita membentuk KADO DAHSAT yang anggotanya siap memberikan donor darah secara cuma – cuma tanpa imbalan apapun, untuk nama KADO DAHSAT yang kita artikan pemberia atau hadiah ataupun hibah dan kepanjangannya KADO DAHSAT (KomunitAs Donor DAraH SukarelA Tebo), kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bergabung dalam komunitas ini”. Jelas Eka Wijaya yang juga disapa dengan Cecep.

Praktek bisnis darah yang secara tidak langsung ini dibenarkan oleh salah satu orang tua pasien, mengatakan “saat ini anak saya memang sedang membutuhkan 5 kantong darah, namun saat saya mencari darah bahkan ada yang menawarkan ke saya kalau temannya golongan darahnya sama, tapi dia meminta bayaran Rp. 500.000,- dengan hati sedih saya tolak, karena di satu sisi saya sangat membutuhkannya, namun akhirnya saya dikenalkan oleh teman, bahwasanya ada komunitas yang bisa memberikan darah tanpa biaya sepeserpun, mendengar hal tersebut saya nangis pak” jelasnya.

Sudah selayaknya jika seseorang saling membantu, karna tanpa bantuan dari orang lain kita tidak bisa berbuat apa – apa, setidaknya keberadaan kemonitas ini bisa memperkecil praktek bisnis darah, dan sangat membantu pasien yang membutuhkannya, saat ini komunitas ini sudah memiliki anggota lebih kurang 30 oang, dan akan selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dan dapat langsung menghubungi Pak Cecep di Wa 0852-6996-9095.


Walaupun demikian jika kita melihat orang yang mendonorkan darahnya ke UTD Rumah Sakit, setidaknya pihak rumah sakit menyediakan pudding untuk pendonor karena biasanya kondisi pendonor yang sudah mendorkan darahnya akan mengalami sedikit pusing, semoga saja pihak RSUD segera mengabulkannya, karena setetes darah adalah nyawa bagi yang membutuhkannya. (ST-HS)

Nih Video nya :


Pos Terkait