Dinkes Tebo Ngaku Tidak Ada Kasus Difteri

Bangzie
Dinkes Tebo Ngaku Tidak Ada Kasus Difteri

Suaratebo,net. Muara tebo - Meski wabah Difteri sudah banyak mewabah di beberapa daerah di pulau jawa maupun daerah lainnya. Namun, wabah tersebut tidak di temukan di Tebo. Hal tersebut langsung di katakan Kepala Dinas Kesehatan Tebo, M. Ridwan melalui Kasi Survelans dan Imuniasi Rita Susanti, Skm.

"Kita juga tidak bisa memastikan apakah wabah Difteri tersebut ada atau tidak di Tebo, yang jelas hingga saat ini belum ada laporan dari puskesmas maupun dari masyarakat," ungkap Rita, pada kamis (14/12/2017) saat dikonfirmasi diruang Kerjanya.

Meskipun tidak ditemukan virus ini, Pihaknya selalu melakukan imunisasi lengkap untuk mengantisipasi wabah Difteri ini, "Mudah mudahan gak ada kasus itu di Tebo, untuk antisipasinya kita rutin melakukan imunisasi lengkap terhadap anak anak yang usia rentan," terangnya.

Selain itu juga, lanjut Rita, pihaknya juga melakukan imunisasi bulan imunisasi anak sekolah (Bias), dengan sasaran anak SD kelas 1 dan 2, karena usia tersebut termasuk usia yang sangat rentan terkena penyakit.

"Kita sudah lakukan itu pada bulan Agustus dan Nopember lalu, sasaran kita memang anak anak SD yang masih kelas 1 dan 2,"sebutnya.

Menurut Rita, bahwa virus tersebut rata-rata menyerang anak usia 5 hingga 9 tahun. Bahkan, penyakit infeksi ini bisa menyebabkan kematian jika tidak cepat ditangani. Selain itu, infeksi ini juga menyebabkan selaput tebal di tenggorokan dan akan menghalangi saluran pernapasan. Akibatnya, penderita kesulitan bernapas hingga meninggal dunia.

"bakteri yang lebih dikenal dengan Corynebacterium diphtheriae ini biasanya bersarang di tenggorokan dan hidung, penyebaran virus ini melalui batuk dan bersin," terangnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat jika ada keluarganya yang menderita virus ini, untuk secepatnya melaporkan kejadian tersebut ke pihak rumah sakit ataupun puskesmas terdekat. (ST-end)  


Pos Terkait