Breaking News M. Hatta : Tingginya Konsumsi Beras salah Satu Kendala Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Suara Tebo
Breaking News M. Hatta : Tingginya Konsumsi Beras salah Satu Kendala Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Suaratebo.net, Muara Tebo – Perlunya dilakukan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan merupakan langkah utaman dalam mengevaluasi baik itu kebutuhan pangan, ketersediaan pangan, akses produksi dan lain sebagainya, dilaksaakan di Aula Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tebo yang dihadiri oleh Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom, M.Si yang diwakilkan langsung oleh Asisten III M. Hatta, Kepala Dinas TPHKP yang diwakilkan langsung oleh Sekretaris Dinas Muhammad Ziadi, SP., M.Si dan Seluruh Camat Kecamatan se Kabupaten Tebo, Kepala BPP 12 Kecamatan, dan Kepala OPD yang berkaitan.

Dalam rapat pertemuan membahas  tentang permasalahan pembangunan ketahanan pangan hal ini di jelaskan langsung oleh ketua Panitia Errafiq Erfianly, SP sekaligus selaku Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan pada Dinas TPHKP mejelaskan “ini  merupakan forum diskusi bersama membahas permasalahan pembangunan ketahanan pangan terutama dalam peningkatan mutu dan keamanan pangan, serta mengevaluasi kegiatan ketahanan pangan dan menetapkan langkah – langkah pembangunan ketahanan pangan” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/12/2017)

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh Bapak Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom M.Si, melalui Asisten III M. Hatta, dalam paparannya M. Hatta menjelaskan “Tingginya konsumsi beras masih menjadi kendala utama di kabupaten tebo dalam penyediaan dan ketersediaan pangan, selain itu pertambahan penduduk yang semakin pesat juga sangat mempengaruhi, hingga membutuhkan produksi kebutuhan pangan yang tinggi pula” tegasnya dalam pembukaan rakor.

Kebutuhan akan beras akan naik dengan sendirinya jika konsumsi masyarakat tinggi dan pertumbuhan penduduk yang tinggi, namun untuk tahun 2016 Kabupaten Tebo masih mampu mengcover angka kebutuhan pangan kabupaten tebo, hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas TPHKP yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Muhammad Ziadi, SP., M.Si mennjelaskan “Pada tahun 2016 Produki beras 34.033 ton sementara konsumsi beras pada tahun 2016 sebanyak 32.083 ton, namun saat ini kebutuhan akan beras di kabupaten tebo di tahun 2017 lebih dari 34 ribu ton, sudah terpenuhi, selain produksi padi kabupaten tebo juga menyediakan benih jagung dan kedelai” papar Ziadi ketika dikonfirmasi.

Kabuapaten tebo yang saat ini kebutuhan akan beras sudah melampaui angka statistik, selain itu tebo juga merupakan sentra benih kedelai namun saat ini kabupaten tebo tengah mengembangkan produksi benih jagung Nasa 29 produksi anak negeri, dan sudah melakukan panen perdana, rencananya hasil panan akan diolah lagi menjadi benih untuk pengembangan lagi dan akan mengupayakan menjadi penangkar benih jagung nasa 29. (ST-HS)
Pos Terkait