Produksi Padi Organik Jangka Panjang Sangat Menjanjikan

Suara Tebo
Produksi Padi Organik Jangka Panjang Sangat Menjanjikan

Suaratebo.Net - Tebo Ilir. Kegiatan temu lapang dan sosialisasi padi organik yang dilaksanakan di BPP Kecamatan Tebo Ilir, dimana sebelumnya juga sudah dilaksanakan di Desa Malako Intan, pertemuan dihadiri oleh Tim Dinas TPHKP dan petani (kelompok tani) Tebo Ilir.

Dalam dialog bersama petani Nanang Suyanto, S.ST selaku Kabid Tanaman Pangan Hortikultura mengatakan "Keuntungan dari penanaman padi organik ini, disamping keuntungan jangka panjang yang memang menjanjikan, harga beras padi organik jauh lebih tinggi dari padi biasa, pada umumnya padi organik sasarannya ekonomi menengah keatas, jadi jangan sia - siakan kesempatan ini, karna petani Tebo Ilir dipilih untuk mengembangkan padi organik ini selain malako intan" tegas Nanang dalam sambutannya.

Padi organik merupakan padi yang memang pengembangannya baik itu dari awal penanaman hingga produksinya benar - benar harus steril dari bahan kimia, hal inilah yang membuat harganya tinggi di pasaran dari pada padi biasanya

Ditambahkan lagi oleh Nanang "kita mengharapkan dalam pengembangan padi organik ini ditutamakan kejujuran petani yang mengembangkan padi organik ini, karna sedikit saja perlakuan pemberian pupuk padi organik menggunakan pupuk berbahan kimia oleh petani, artinya padi tersebut tidak bisa lagi dikatakan organik, jangankan pemberian pupuk, penggunaan peralatan pertanian yang digunakan saja tidak boleh menggunkan peralatan bekas padi biasanya yang menggunakan pupuk non organik, makanya dituntut untuk jujur, siapa tau terjadi kesalahan dalam perlakuan terhadap padi organik" tegasnya lagi.

Kabupaten Tebo untuk pertama kalinya mendapatkan kesempatan dalam pengembangan padi organik, ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Tebo Ulu dan Kecamatan Tebo Ilir, pemilihan lokasi ini melalui seleksi berbagai faktor yang mendukung pertumbuhan padi organi.
Seperti yang dikatakan Nanang “Lokasi pengembangan padi organik ini benar – benar kita seleksi baik itu kadar air, tanah, pemakaian pupuk selama saat menanam padi pada umumnya hingga alat yang digunakan untuk proses pengembangan padi ini” katanya secara tegas.

Syarat tersebut tidak dapat ditawar lagi karena jika ingin lulus uji dan mendapatkan sertifikat Nasional Penangkar Padi Orgnaik, itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi. (ST-HS)


Pos Terkait