Cegah Paham Radikalisme, Intoleransi Dan Terorisme, Polres Tebo Gelar Sosialisasi

Iklan

Cegah Paham Radikalisme, Intoleransi Dan Terorisme, Polres Tebo Gelar Sosialisasi

Selasa, 09 Agustus 2022 | 9.8.22 WIB

Suaratebo.net, Tebo - Dengan menggandeng Kesbangpol Kabupaten Tebo, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Polres Tebo menggelar Silaturahmi dan sosialisasi dalam rangka pencegahan faham radikalisme dan intoleransi demi menangkal bahaya Terorisme. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (09/08/2022), bertempat di Aula Kantor Camat VII Koto. Dimana sosialisasi dihadiri oleh Kanit Intel Polres Tebo, AIPDA P Sinaga beserta Anggota, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tebo, Sugiyarto, Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama, Ustad Hambali. 

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tebo, Sugiyarto mengungkapkan, Sikap Intoleransi dan radikalisme awal terbentuknya aksi terorisme. Tugas para tokoh-tokoh agama dan masyarakat bagaiamana mencegahnya, hal itu tidak terjadi di Kabupaten Tebo. 

Dikatakan Sugiyarto, Peran para tokoh-tokoh agama dan masyarakat sangat penting dalam pencegahan aksi terorisme, pendekatan juga dapat dilakukan dengan cara adat istiadat melayu Jambi. 

Dan Sugiyarto berpesan, Satu Hal yang perlu dilakukan mulai perangkat Desa mulai dari RT/RW harus pro aktif melaporkan jika ada hal-hal yang patut dicurigai seperti pendatang baru dari daerah lain dengan tujuan membawa ajaran-ajaran atau paham tertentu. 

Hal senada juga dikatakan Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama Kabupaten Tebo, Ustadz Hambali, cara-cara pelaku terorisme sudah bergeser dari sebelumnya, Tidak lagi menggunakan Bom atau melakukan teror, namun memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menebarkan berita-berita bohong dan adu domba di media sosial. 

"Tidak lagi menggunakan Bom, pelaku terorisme memanfaatkan kecanggihan teknologi media sosial dengan menebar berita bohong dan adu domba dengan tujuan memecah belah kerukunan antar umat beragama, " Tegasnya

Tugas orang tua dan tokoh masyarakat, tokoh agama memberikan edukasi kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan media sosial dan juga meminta kepada masyarakat untuk memilah, memilih dan menyaring informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, tutupnya. (Red-ST)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Paham Radikalisme, Intoleransi Dan Terorisme, Polres Tebo Gelar Sosialisasi

Trending Now

Adsen