Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Dari Rumah Warga

Bangzie
Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Dari Rumah Warga

Suaratebo.net. Tebo - Petugas Pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo, pada Senin (22/11/2021) malam berhasil mengevakuasi sarang tawon vespa dari rumah warga di Jaln 11, Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang.

Sarang tawon berukuran besar ini bersarang di rumah milik Siti Maria diduga sudah hampir satu tahun. Namun, pemilik rumah sama sekali tidak mengetahui jika ada tawon bersarang dirumahnya itu. Pasalnya, posisi sarangnya tertutup plapon.

Keberadaan tawon itu baru ia sadari setelah anaknya terkena sengatan, pemilik rumah yang merasa resah dengan keberadaan tawon tersebut, langsung meminta bantuan petugas Damkar di Rimbo Bujang.

Dengan berpakaian khusus, petugas Damkar langsung mengevakuasi sarang menggunakan racun serangga. Dan pada saat itu, salah satu petugas Damkar juga terkena sengatan, dan beruntung masih bisa diatasi.

Kepala Dinas Damkar Tebo Arief Haryoko mengungkapkan bahwa dirinya mendapat laporan dari warga salah seorang anak pemilik rumah terkena sengatan tawon. Atas laporan itu, dirinya langsung memerintahkan petugas Damkar Rimbo Bujang mengecek rumah warga.

"dan benar ditemukan sarang tawon vespa berukuran besar yang menempel pada bagian atap rumah, dan ini sangat berbahaya sekali," kata Arief Haryoko, pada Selasa (23/11/2021).

Dari pengakuan pemilik rumah lanjut Arief, keberadaan sarang tawon baru ia diketahui baru dua hari lalu setelah anaknya terkena sengatan serangga bersayap itu.

"pada saat evakuasi tadi malam memang ada anggota kita yang terkena sengatan pada bagian tangan, tapi Alhamdulillah gak apa-apa,' terang Arief.

Atas kejadian, Arief juga menghimbau kepada masyarakat jika membutuhkan jasa putugas Damkar selain menangani api, silahkan hubungi petugas Damkar terdekat dan tidak di punggut biaya.

"Selain menangani api, Damkar juga siap membantu warga jika dibutuhkan," tutupnya (ST,Zie)
Pos Terkait