Aphelion Fenomena Cuaca Dingin, Namun Ini Penjelasan LAPAN

Iklan


Aphelion Fenomena Cuaca Dingin, Namun Ini Penjelasan LAPAN

Suaratebo
Kamis, 05 Agustus 2021 | 5.8.21 WIB


Suaratebo.net, - Fenomena Apelion yang terjadi pada Selasa (6/7/2021) merupakan dimana keadaan bumi berada pada titik terjauh dari matahari, hal inipun tidak bias dilihat secara langsung dikarenakan bukan fenomena kenampakan obyek langit. Aphelion merupakan fenomena antariksa uang biasa terjadi setiap tahun, Pusat Sain Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) menjelaskan bahwa puncak peristiwa tersebut terjadi pada pukul 05.27 WIB/ 06.27 Wita/ 07.27 WIT.

Banyak orang berpendapat suhu dingin dan redndah yang dirasakan saat disebabkan oleh fenomena Apelion, namun hal ini bertolak belakang dengan penjelasan dari Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sain Antarisa Lapan, seperti dirilis di kompas.com Emanuel Sungging menjelaskan.

“Itu hanya fenomena tahunan biasa, artinya sudah setengah tahun perjalanan bumi mengitari matahari, jika suhu lebih karena dinamika atsmosfer” sebutnya.

Factor lain adalah dimana posisi matahari yang saat ini berada pada belahan Utara dan menyebabkan tekanan udara di belahan bumi utara lebih rendah disbanding belahan bumi Selatan, di mana Indonesia berada. Hal ini menyebabkan udara bergerak dari Selatan menuju Utara, hal ini bersamaan dengan Benua Australia yang ada disisi selatan saat ini tengah memasuki music dingin jadi tidak heran ketika angina bertiup melintasi wilayah Indonesia jugu memiliki suhu yang dingin, bahkan fenomena ini akan berlangsung hingga Agustus 2021. (HS-ST)

 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aphelion Fenomena Cuaca Dingin, Namun Ini Penjelasan LAPAN

Trending Now

Adsen