Iklan

CPNS Tahun 2021 Dibuka Pada Mei, Persiapkan Data - Data Dari Sekarang

Suaratebo
Sabtu, 03 April 2021 | 3.4.21 WIB Last Updated 2021-04-03T09:12:38Z


Suaratebo.net – Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Teguh Widjinarko menyampaikan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka pada bulan Mei-Juni 2021 mendatang, dimana pada tahun sebelumnya sempat dihentikan.

Seperti dilansir cbncindonesia.com, kebutuhan akan ASN baru untuk tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten kota sebesar 1.221.816 orang untuk pusat membutuhkan 83.880 orang, sementara untuk perekrutan CPNS akan dibagi menjadi 3 golongan diantaranya untuk Sekolah Kedinasan, CPNS dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) non guru serta PPPK guru.

Pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan dibuka pada tanggal 9 hingga 30 April 2021, untuk seleksi dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat pada bulan Mei, sementera untuk perekrutan CPNS dan PPPK serta PPPK guru belum ada keterangan informasi resminya.

Seperti biasanya untuk persyaratan pendaftaran CPNS menurut pantauan suaratebo.net pada seleksi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya :

  • Scaner kartu keluarga
  • Scaner Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Transkip Nilai
  • Pas foto
  • Akreditasi (bidang ilmu yang diampu untuk tingkat S1 dan S2
  • Dokumen lainnya

Selain itu untuk proses pendaftaran CPNS baik kebutuhan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah hanya menggunakan satu portal, yakni SSCASN yang dilakukan secara online.


Untuk menjaga agar tidak ada kecurangan seleksi kedepan, Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) “Meningkatkan fitur – fitur ujian online dan system pendaftaran yang langsung terintegrasi dengan data NIK pada dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR Kemenkes, serta akses data ijazah dan akreditasi Perguruan tinggi pada Kementerian Ristekdikti” ungkapnya pada rilisan snbcindonesia.com

Bahkan untuk mencegah terjadinya kecurangan, percaloan BKN saat ini tengah mempersiapkan fitur face reconition (pengenalan wajah) peserta ujian dan live socre peserta ujian akan ditampilkan secara live pada canal youtube BKN dan BKNpun menyediakan fasilitas peserta ujian yang terpapar covid-19.

Dalam hal penerimaan CPNS, Pemerintah Kabupaten Tebo termasuk salah satu Kabupaten yang membuka kebutuhan tenaga ASN, hal ini disampaikan Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si pada 22 Maret 2021.

“Setelah berkoordinasi dengan BKPSDM, kita belum menerima surat dari PAN-RB terkait berapa kuota yang diberikan kepada kita, namun kita tetap mengusulkan sebanyak – banyaknya, walapun demikian biasanya yang terealisasi sebanyak 200 s/d 300 tenaga CPNS, jadi kita tunggu saja surat resmi dari PAN-RB” jelasnya saat dikonfirmasi.

Walaupun demikian tidak ada salahnya anda saat ini mempersiapkan semua berkas – berkas yang dibutuhkan dalam bentuk file yang akan di upload pada portal SSCASN resmi. (HS-ST)

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • CPNS Tahun 2021 Dibuka Pada Mei, Persiapkan Data - Data Dari Sekarang

Trending Now

Iklan