Pasien Positif Covid-19 Pertama di Batanghari Bagian Dari Claster Gowa

Bangzie
Pasien Positif Covid-19 Pertama di Batanghari Bagian Dari Claster Gowa

Suaratebo,net. Batanghari - Pasien positif Corona virus disease 2019 (COVID-19) pertama di Batanghari diketahui tinggal di Kelurahan Muara Bulian. Pasien merupakan laki laki umur 28 tahun, berinisial A. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfi Yennie MARS, saat ini pasien A sedang diisolasi di RSUD Hamba. ‘’ Pasien warga Warga Kelurahan Muara Bulian. Dia merupakan bagian dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan. Si pasien hari ini mulai dapat terapi COVID-19 sesuai standar WHO," katanya, Minggu (26/4/2020).

Elfi mengatakan, pasien A akan uji swab lagi pada hari ke 14 dan 15 guna melihat kemajuan atau kesembuhan pasien.

Sementara itu, Juru bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Batanghari, Sehan mengatakan keluarga pasien A telah menjalani rapid test dan hasilnya negative. 

"Saat ini keluarga pasien, istri dan dua anaknya tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan petugas," katanya.

Sebelum dinyatakan positif covid-19, pasien A telah menjalani rapid test sebanyak empat kali di Puskesmas Muara Bulian. Rapid test pertama dilakukan pada Sabtu, 19 April 2020. Kemudian diulang lagi sebanyak 3 kali pada Senin, 21 April 2020 dan hasilnya positif. 

Menurut Sehan, sebelum ada pasien positif corona, tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Batanghari telah melakukan pelacakan kontak dan identifikasi terhadap peserta ijtima Tabligh akbar di Gowa dari Kabupaten Batanghari. "Hasilnya telah ditemukan 8 orang tersebar di tiga kecamatan. Dua 2 di Muara Bulian, 3 Muara Tembesi dan 3 Maro Sebo Ilir," kata Sehan.

Terhadap 8 orang tersebut ditetapkan sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala). Mereka mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Mereka telah dilakukan tindak lanjut karantina dan pemeriksaan rapid test. "Hasilnya semua negatif,"pungkasnya. (Zie)
Pos Terkait