Peternak Membandel, Taufiq Khaldy; Prosesnya Akan Kita Serahkan Pada Penyidik

Suaratebo
Peternak Membandel, Taufiq Khaldy; Prosesnya Akan Kita Serahkan Pada Penyidik


Suaratebo.net, Tebo – Satpol PP Kabupaten Tebo kembali melakukan penertiban ternak yang berkeliaran di jalan umum, ini yang kedua kalinya, penertiban dilakukan pada Selasa (11/02/2020) pukul 14.00 WIB, penertiban inipun dilakukan sesuai dengan Perda No. 8 tahun 2014.

Baru saja beberapa minggu yang lalu Sat Pol PP sudah melakukan penertiban terhadap ternak warga yang dilepas liarkan, namun hal tersebut berpengaruh terhadap pemilik ternak lainnya, pasalnya kumpulan ternak yang berkeliaran di jalan – jalan umum semakin banya bukan berkurang, hal ini membuat petugas geram dan melakukan penertiban kembali untuk yang kedua kalinya, bahkan tindakan kali ini akan dilakukan diserahakan pekara penyidik untuk diproses, penertiban kembali dilakukan di beberapa titik di Tebo Tengah yang merupakan Ibu Kota Kabupaten, penertiban inipun dilakukan atas laporan masyarakat yang diresahkan dengan keberadaan ternak yang berkeliaran dan buang kotoran sembarangan, selain itu keberadaan ternak yang berkeliaran tersebut juga sudah mengganggu kenyamanan umum terutama terhadap pengguna jalan yang akibat dari ternak berkeliaran di jalan umum bias saja mengancam nyawa pengendara.

Penertiban inipun dibenarkan oleh Kasat Pol PP Drs. Taufiq Khaldi saat dikonfirmasi “Benar kita sudah turunkan tim untuk melakukan penertiban ternak, dan penertiban inipun yang kedua kalinya, seolah masyarakat tidak menindahkan himbauan pemerintah daerah” tegasnya.


Dalam penertiban Satpol PP berhasil menjaring 20 ekor ternak diantaranya 17 ekor kambing dan 3 ekor sapi yang berkeliaran di fasilitas umum, selain itu pemilik ternak akan dipanggil dan prosesnya adak diserahkan kepada penyidik sesuai dengan aturan yang berlaku “Dalam penertiban kali ini kita berhasil mengamankan 20 ekor ternak, 17 ekor kambing dan 3 ekor sapi, kepada pemiliknya akan kita panggil dan kita serahkan prosesnya kepada penyidik sesuai dengan aturan yang berlaku” tambah Taufik selaku Kasat Pol PP.

Kasat Pol PP kembali menghimbau warga untuk menjalin kerjasama yang baik, dengan mentaati peraturan, sekaligus mejaga keindahan dan kebersihan kota dari kotoran – kotoran hewan peliharaan yang berkeliaran, lebih baik di ikat ataupun dikandangkan. 

Terang saja Satpol PP geram dengan ulah pemilik ternak, pasalnya belum genap sebulan penertiban ternak dilakukan, ternak yang berkeliaran semakin banyak, seolah peternak tidak perduli dengan himbauan pemerintah. (HS-ST)

Pos Terkait