Kapolres Siap Terlibat Menjaga Hutan SAD Temenggung Ngadap

Kapolres Siap Terlibat Menjaga Hutan SAD Temenggung Ngadap


Suaratebo.net, Tebo - Selain Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Widi Rahman, Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman juga menyatakan bakal hadir pada acara "Pesta Buah-buahan Hutan" yang akan digelar di hutan Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap, Sungkai Lubuk Dalam, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo - Jambi, pada Minggu, 26 Januari 2020. 

"Iya, Kapolres ikut pesta buah-buahan hutan, "kata Pengurus Yayasan Orang Rimbo Kito (Orik), Budi Utomo, Senin, 13 Januari 2020. 

Budi bilang jika Kapolres juga bakal mengikuti kegiatan "Waris Pohon" yang menjadi progam Orik untuk menjaga hutan tetap lestari. 

Pohon yang bakal diwariskan kepada Kapolres berada di kawasan hutan Temenggung Ngadap. 

Program "Waris Pohon" jelas Budi, setiap batang pohon akan diadopsi. Pada pohon yang diwariskan akan dipasang papan informasi yang bertuliskan nama pohon, diameter, titik kordinat, nama waris, registrasi dan larangan jangan ditebang. 

Pemasangan papan informasi tersebut menurut dia, salah satu antisipasi mengatasi perambahan hutan dan illegal loging. "Kita siap menjaga hutan tetap lestari, "katanya.

Terpisah, Ketua Orik, Ahmad Firdaus mengatakan pada acara pesta Buah-buahan Hutan nantinya akan digelar resepsi penyerahan penghargaan dari Temenggung Ngadap kepala Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman, Penghargaan tersebut berupa kalung dan gelang dari buah sebalik sumpah. 

Penghargaan tersebut diberikan karena Temenggung Ngadap menilai Kapolres Tebo telah berhasil menindak para pelaku ilegal loging di kawasan hutan Desa Tanah Garo. 

"Temenggung sangat berterimakasih kepada Kapolres Tebo karena telah menangkap para pelaku ilegal loging di kawasan hutan mereka. Jadi Temenggung akan memberikan penghargaan kepada beliau pada saat Pesta Buah-buahan Hutan nanti, "kata Firdaus. (Red-ST)