Iklan

ISPU di Tebo 810, Tanaman Ini Mampu Serap Racun

Suaratebo
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16.10.19 WIB Last Updated 2019-10-16T08:15:06Z


Suaratebo.net – Jarak pandang saat ini ± 500 m, selain asap kebakaran/ pembakaran lahan juga asap kiriman dari kabupaten tetangga yang saat ini tengah menyelimuti kabupaten tebo, patut diwaspadai untuk kesehatan keluarga, pencemaran udara di kabupaten tebo saat ini hingga pukul 13. PM10 909.5, ISPU 810 (sumber : Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo) kategori berbahaya.(16/10/2019)
Jika ingin menjaga kesehatan terutama pernapasan lebih baik menggunakan masker, kenapa harus menggunakan masker, pasalnya pencemaran asap tersebut merupakan campuran gas, zat kimia, partikel debu, dan berbagai bahan pada asap kebakaran juga bisa membuat seseorang yang menghirupnya menderita kesulitan bernapas.
Bagi masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi kebakaran hutan sangat rentan mengalami sesak napas, iritasi tenggorokan, paru serta batuk, dan juga hidung meler, sinus, hingga iritasi mata dan sakit kepala, selain itu juga berpontensi mengalami gangguan kesehatan kronis seperti peningkatan tekanan darah, hingga gangguan syaraf, pasalnya kualitas udara yang kita hirup kualitasnya menurun karena paparan asap.
Untuk menjaga atau hal yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan cara menggunakan masker, karena masker bisa menahan partikel – partikel asap saat kita menghirup udara.
Jika dampak asap saat ini menjadi lebih parah, agar aman didalam rumah, lebih baik memasang penyaring udara di setiap ventilasi di rumah atau menanam tanaman yang mampu menyerap racun bisa diluar ruangan dan bisa didalam ruangan, tanaman ini sering disebut tanaman lidah mertua.

Di kabupaten tebo saat ini dampak asap sangat dirasakan warga, diantaranya mata terasa perih, saat bernafas tenggorokanpun terasa perih, seperti yang di jelaskan oleh Budi salah seorang warga saat menjemput anaknya disekolah.
“kabut asap di tebo sekarang, lebih parah dari yang sebelumnya bang, karna sekarang ini mata rasanya perih, saat bernafaspun tenggorakkan perih, nah yang kita takutkan anak – anak sekolah bang, kita orang dewasa aja seperti ini apalagi anak – anak, kami mita kepada pihak yang berwenang untuk menangkap dan hukuman para pembakar lahan, karena sudah merugikan orang banyak, menyebar racun” kesalnya kepada awak media.
Hingga berita ini diturunkan pencemaran udara mulai turun menjadi PM 10, ISPU 433, jika memang tidak ada aktivitas diluar sebainya didalam rumah saja demi menjaga kesehatan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • ISPU di Tebo 810, Tanaman Ini Mampu Serap Racun

Trending Now

Iklan