Banwaslu Ajak Mari Bersama Awasi Pilgub Nanti

suaratebonews. blogspot. com
Banwaslu Ajak Mari Bersama Awasi Pilgub Nanti

Suaratebo.net, Tebo - Dalam Rangka Kilas Balik Proses Pengawasan Pelanggan Pemilu 2019. Bandan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Tebo menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif yang ini dilaksanakan di hotel Alya Kabupaten Tebo, Senin (07/10/2019).

Ketua Banwaslu Kabupaten Tebo, Farida mengatakan pada Pemilu 2019 kemarin ditemukan 6 pelanggan. "Dari 6 pelanggan itu, 4 pelanggaran administrasi, satu pelanggaran atau politik uang. Dan satu lagi pelanggaran pidana,"kata Ketua Banwaslu Tebo, Farida saat memberikan kasambutan.

Demi untuk meminalisir pelanggaran kata dia, pihaknya menggelar sosialisasi ini, dimana berharapan para peserta yang hadir dapat memahami bagaimana cara melakukan pengawasan Pemilu partisipatif. Tujuannya agar pelanggaran Pemilu dapat dicegah atau diminimalisir.

“Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan Pemilu Gubernur (Pilgub) yang dilaksanakan tahun depan (2020). Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan Bawaslu Tebo dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penegakan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2020 nanti, ” katanya.

Selain itu kata dia, maksud dari kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja atau manajemen pengawasan Pilgub nanti dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. 

"Dengan kegiatan ini kami berharap kedepanya masyarakat kita lebih paham terkait proses Pemilu, terutama sebagai peserta Pemilu,"kata Ketua Banwaslu. 

Diakui dia, proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Tebo terlaksana dengan baik dan sukses. Kendati demikian, dia berharap pada pelaksanaan Pilgub nantinya bisa terlaksana dengan aman, damai dan kondusif. 

"Untuk itu kami mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama berperan dalam mengawasi Pilgub 2020 nanti. Soalnya, dalam pengawasan tidak cukup hanya Banwaslu saja,"kata dia. 

Diketahui, ada sekitar 100 orang peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini diantaranya, pihak kepolisian, para Camat, wartawan dan para undangan lainnya. Sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Banwaslu Tebo, Polres Tebo yang diwakili oleh Kapolsek Tebo Tengah dan Kejari Tebo yang diwakili oleh Kasi Datun. (ST-red)
Pos Terkait